PENGARUH MEDIA INSTAGRAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR (Eksperimen pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Kebijakan Pemerintah Kolonial Abad ke-19 di Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Taraju Semester Genap Tahun Ajaran 2020/ 2021)

AZIZ, ABDUL (2021) PENGARUH MEDIA INSTAGRAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR (Eksperimen pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Kebijakan Pemerintah Kolonial Abad ke-19 di Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Taraju Semester Genap Tahun Ajaran 2020/ 2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi - Abdul Aziz.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK ABDUL AZIZ. 2021. PENGARUH MEDIA INSTAGRAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR (Eksperimen pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Kebijakan Pemerintah Kolonial Abad ke-19 di Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Taraju Semester Genap Tahun Ajaran 2020/ 2021). Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Instagram terhadap motivasi belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Kebijakan Pemerintah Kolonial Abad ke-19 di Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Taraju Semester Genap Tahun Ajaran 2020/ 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitain ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Taraju sebanyak 137 peserta didik yang terbagi ke dalam 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 dengan jumlah 30 peserta didik. Sampel ini diambil dengan teknik Sampling Insidental. Desain yang digunakan adalah jenis pre-eksperimental design bentuk one-shot case study. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan observasi. Hasil pengolahan data dari hasil uji one sample t test dengan Software Statistical Package for Sosial Sciences (SPSS) 23 for windows diperoleh nilai thitung sebesar 11.434 dengan signifikansi 0,000. Nilai ttabel dari df 29 adalah 2,045, sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel (11,434 > 2,045) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, artinya media Instagram pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Kebijakan Pemerintah Kolonial Abad ke-19 berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Taraju Semester Genap Tahun Ajaran 2020/ 2021. Kata kunci: Media Instagram, Motivasi Belajar, Pembelajaran Sejarah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 09 May 2022 04:24
Last Modified: 09 May 2022 04:24
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5683

Actions (login required)

View Item View Item