PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA BIOLOGI YANG PROSES PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN PENDEKATAN DEDUKTIF DAN INDUKTIF PADA KONSEP EKOSISTEM

Badriah, Liah (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA BIOLOGI YANG PROSES PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN PENDEKATAN DEDUKTIF DAN INDUKTIF PADA KONSEP EKOSISTEM. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Halaman Sampul.pdf

Download (182kB)
[img] Text
SodaPDF-converted-4.pdf

Download (296kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (14kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (22kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (766kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (912kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (921kB)
[img] Text
SodaPDF-converted-12.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (307kB)

Abstract

LIAH BADRIAH. Thesis. 2014. Perbedaan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Biologi Yang Proses Pembelajarannya Menggunakan Pendekatan Deduktif Dan Induktif Pada Konsep Ekosistem Program Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup. Pasca Sarjana.Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa biologi yang proses pembelajarannya menggunakan pendekatan deduktif dan induktif pada konsep ekosistem. Metode penelitian ini adalah metode komparatif yang menggunakan rancangan posttest control group design dengan populasi seluruh mahasiswa semester II program studi pendidikan Biologi FKIP UNSIL dengan sampel sebanyak 2 kelas yang diambil secara cluster random sampling yaitu kelas 2A sebanyak 33 orang dan kelas 2B sebanyak 34 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan posttest untuk memperoleh data kemampuan akhir hasil belajar dan rubrik untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis mahasiswa, teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata (uji-t) dengan taraf signifikan (α) = 5%. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar mahasiswa biologi yang proses pembelajarannya menggunakan pendekatan deduktif dengan induktif (2) ada perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis mahasiswa biologi yang proses pembelajarannya menggunakan pendekatan deduktif dan induktif,. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pendekatan deduktif lebih baik terhadap hasil belajar dan Pendekatan induktif lebih baik terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Kata Kunci : pendekatan induktif, pendekatan deduktif, hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Lingkungan Hidup
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 09 May 2022 04:46
Last Modified: 09 May 2022 04:46
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5682

Actions (login required)

View Item View Item