PERUBAHAN SISTEM PENDIDIKAN MASA KOLONIAL HINDIA BELANDA KE SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL TAHUN 1922-1947

PITROTUNISA, NOPI (2021) PERUBAHAN SISTEM PENDIDIKAN MASA KOLONIAL HINDIA BELANDA KE SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL TAHUN 1922-1947. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI-NOPI PITROTUNISA-172171040.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PITROTUNISA, NOPI. 2020. PERUBAHAN SISTEM PENDIDIKAN MASA KOLONIAL HINDIA BELANDA KE SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL TAHUN 1922-1947 Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perubahan sistem pendidikan masa kolonial Hindia Belanda ke sistem pendidikan nasional tahun 1922-1947. Indonesia telah banyak mengalami pergantian sistem pendidikan, salah satunya adalah pergantian sistem pendidikan masa kolonial Hindia Belanda ke sistem pendidikan nasional. Perubahan ini mengandung banyak fakta tentang perjuangan Bangsa Indonesia melawan dominasi penjajahan kolonial terutama dalam bidang pendidikan. Perubahan sistem ini dilandasi atas kesadaran bangsa Indonesia tentang pentingnya pendidikan untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang perubahan sistem pendidikan masa Kolonial Hindia Belanda ke sistem pendidikan nasional tahun 1922-1947. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode historis. Metode penelitian ini digunakan dengan cara menyusun fakta, mendeskripsikan, dan menarik kesimpulan dari peristiwa masa lampau. Kegiatan yang dilakukan dalam metode historis yaitu heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah perubahan sistem pendidikan ini di latarbelakangi oleh kesadaran pribumi akan keinginan untuk memperoleh sistem pendidikan yang lebih baik dibanding sistem pendidikan masa kolonial yang dirasa tidak relevan dengan jati diri Bangsa Indonesia. Hal ini dapat terlihat dari kurikulum yang diterapkan pada masa pendidikan kolonial yang berbeda dengan yang diterapkan pada masa pendidikan nasional yang lebih mengedepankan budaya Indonesia. Dampak dari perubahan sistem pendidikan ini adalah kesadaran nasional dalam bidang pendidikan yang dapat terlihat dari penggunaan bahasa Indonesia secara luas, perkembangan budaya Indonesia, konsep jiwa merdeka, dan pembentukan sistem pendidikan nasional yang menjadi acuan sistem pendidikan Indonesia sampai sekarang. Kata kunci: Sistem Pendidikan, Pendidikan Masa Kolonial Hindia Belanda, Pendidikan Nasional

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 28 Apr 2022 04:45
Last Modified: 28 Apr 2022 04:45
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5666

Actions (login required)

View Item View Item