PELAKSANAAN CONTEXTUAL LEARNING BERBASIS ONLINE PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI INDONESIA ZAMAN HINDU DAN BUDHA DI KELAS X IPA SMA NEGERI 1 TASIKMALAYA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN AJARAN 2020/2021

Astuti, Ayu Puji (2021) PELAKSANAAN CONTEXTUAL LEARNING BERBASIS ONLINE PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI INDONESIA ZAMAN HINDU DAN BUDHA DI KELAS X IPA SMA NEGERI 1 TASIKMALAYA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN AJARAN 2020/2021. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
AYU PUJI ASTUTI I SIDANG SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK AYU PUJI ASTUTI. 2021. Pelaksanaan Contextual learning Berbasis Online pada Pembelajaran Sejarah Materi Indonesia Zaman Hindu dan Budha di Kelas X IPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya Masa Pandemi Covid-19 Tahun Ajaran 2020/2021. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi Kota Tasikmalaya. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan contextual learning berbasis online pada pembelajaran sejarah materi Indonesia zaman Hindu dan Budha di kelas X IPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya masa pandemi Covid-19 tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif tipe studi kasus bentuk deskripstif. Data-data penelitian diperoleh melalui kegiatan observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik triangulasi dalam pemeriksaan keabsahan data penelitian, selanjutnya data penelitian diinterpretasi dengan mengunakan teknik analisis data studi kasus bentuk Stake yaitu pengumpulan kategori, interpretasi langsung, pembuatan pola dan generalisasi naturalistik. Hasil dari penelitian pelaksanaan contextual learning berbasis online pada pembelajaran sejarah materi Indonesia zaman Hindu dan Budha di kelas X IPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya masa pandemi covid-19 tahun ajaran 2020/2021 dilaksanakan dengan baik, hal tersebut berdasarkan pada guru sejarah Indonesia yang melakukan perencanaan pembelajaran berupa silabus, RPP dan bahan ajar, kemudian proses pembelajaran yang dilakukan telah sesuai dengan pedoman serta karakterisik dari pelaksanaan contextual learing berbasis online. Selain itu, terdapat kendala yang terjadi pada pelaksanaan contxtual learning mengenai fasilitas pembelajaran dan cara belajar siswa diantaranya acquiring knowledge dan understanding knowledge yang membuat siswa memiliki respon negatif dan positif terhadap pelaksanaan contextual learning berbasis online pada pembelajaran sejarah materi Indonesia zaman Hindu dan Budha di kelas X IPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya masa pandemi covid-19 tahun ajaran 2020/2021. Kata Kunci: Contextual Learning, Pembelajaran Sejarah, Pembelajaran Online.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 28 Apr 2022 04:20
Last Modified: 28 Apr 2022 04:20
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5664

Actions (login required)

View Item View Item