PENGEMBANGAN INSTRUMENT FOUR TIER TEST UNTUK MENDETEKSI MISKONSEPSI PADA PESERTA DIDIK MATERI EKOSISTEM KELAS X SMAN 4 TASIKMALAYA

LINTANG, LINTANG (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMENT FOUR TIER TEST UNTUK MENDETEKSI MISKONSEPSI PADA PESERTA DIDIK MATERI EKOSISTEM KELAS X SMAN 4 TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI lintang 162154097.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK LINTANG. 2020. Pengembangan Instrument Four-Tier Test untuk Mendeteksi Miskonsepsi pada Peserta Didik Materi Ekosistem Kelas X SMAN 4 Tasikmalaya. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan alat diagnostik yang mampu mendeteksi miskonsepsi peserta didik pada konsep ekosistem. Metode: Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan desain 4D (Define, Design, Develop and Disseminate) yang dimodifikasi tanpa melakukan tahap disseminate atau penyebaran. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah observasi, kajian literatur, dokumentasi, angket, wawancara dan tes. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan instrumen yang dikembangkan valid dengan dilakukan validasi oleh 3 ahli yaitu ahli materi, ahli evaluasi dan asesmen, dan ahli Bahasa dengan rata-rata persentase kelayakan masing-masing sebesar 90% penilaian ahli materi, 82% penilaian ahli asesmen dan evaluasi serta 80% penilaian ahli bahasa. Sedangkan pada uji coba keterbacaan instrumen menunjukkan persentase sebesar 63% dengan kategori baik. Nilai validitas instrumen secara umum sebesar 0.70 dengan kategori valid atau validitas tinggi sedangkan nilai reliabilitas instrumen sebesar 0.82 dengan kategori reliabel atau reliabilitas sangat tinggi. Adapun hasil keseluruhan miskonsepsi peserta didik pada materi ekosistem menunjukkan 23% peserta didik mengalami mikonsepsi dengan kategori rendah, 8% peserta didik mengalami tidak paham konsep, 17% peserta didik mengalami paham konsep, serta 52% peserta didik mengalami paham sebagian. Kesimpulan: Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa instrument four-tier test yang dikembangkan layak dan dapat mendiagnostik miskonsepsi pada peserta didik. Kata Kunci: Miskonsepsi; Four-Tier Test; Ekosistem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Apr 2022 05:37
Last Modified: 27 Apr 2022 05:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5643

Actions (login required)

View Item View Item