PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENENTUKAN ISI TEKS DEKSRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Student Team Achievement Divisions (STAD) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Oktavianti, Sani (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENENTUKAN ISI TEKS DEKSRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Student Team Achievement Divisions (STAD) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI_SANI_OKTAVIANTI_fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Sani Oktavianti. 2020. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Informasi dan Menentukan Isi Teks Deskripsi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII MTs Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Menurut Kurikulum 2013 Revisi salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VII adalah “Mengidentifikasi Informasi dan Menentukan Isi Teks Deskripsi yang Didengar dan Dibaca”. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang belum menguasai kompetensi dasar tersebut. Karena itu penulis, melakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Student Team Achievement Divisions meningkatkan kemampuan mengidentifikasi Informasi dan menentukan isi teks deskripsi pada peserta didik kelas VII MTs Negeri 1 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi ,teknik wawancara, dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas VII MTs Negeri 1 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa pada siklus kesatu untuk KD mengidentifikasi informasi teks deskripsi, peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 18 peserta didik (55%) dan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 5 peserta didik (16%), sedangkan untuk KD menentukan isi teks deskripsi peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 17 peserta didik (52%) dan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 16 peserta didik (48%). Pada siklus kedua untuk KD mengidentifikasi informasi dan menentukan isi teks deskripsi secara keseluruhan peserta didik sudah mencapai KKM sebanyak 33 peserta didik (100%). Data di atas diolah dengan menggunakan uji statistik Wilcoxon. Berdasarkan hasil penghitungan diperoleh nilai Whitung (0) < nilai Wtabel (213,4). Dengan demikian, hipotesis dalam penelitian ini diterima. Artinya model pembelajaran Student Team Achievement Divisions dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan menentukan isi teks deskripsi pada peserta didik kelas VII MTs Negeri 1Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 26 Apr 2022 06:05
Last Modified: 26 Apr 2022 06:05
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5628

Actions (login required)

View Item View Item