HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK KONSUMEN DENGAN KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) BERAS ORGANIK DI KOTA TASIKMALAYA (KASUS DI PLAZA ASIA TASIKMALAYA)

FAKHRANI, AULIA JAUZA (2020) HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK KONSUMEN DENGAN KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) BERAS ORGANIK DI KOTA TASIKMALAYA (KASUS DI PLAZA ASIA TASIKMALAYA). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
HUBUNGAN KARAKTERISTIK KONSUMEN DENGAN WTP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK KONSUMEN DENGAN KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) BERAS ORGANIK DI KOTA TASIKMALAYA (KASUS DI PLAZA ASIA TASIKMALAYA) Oleh Aulia Jauza Fakhrani 165009040 Dosen Pembimbing : Hj. Tenten Tedjaningsih Suyudi Beras organik lebih banyak dijumpai di pasar modern daripada pasar tradisional. Hal ini dikarenakan beras organik memiliki kualitas dan harga yang premium jika dibandingkan dengan beras anorganik, sehingga menyebabkan belum meratanya penyebaran produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen beras organik dengan menggunakan analisis deskriptif, besaran nilai kesediaan membayar produk beras organik dengan menggunakan metode contingent valuation method (CVM), serta hubungan karakteristik konsumen dengan kesediaan membayar beras organik menggunakan uji koefisien konkordans kendall w dan rank spearman. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei. Penelitian dilakukan di Plaza Asia Tasikmalaya selama dua minggu dengan total responden sebanyak 30 responden yang dipilih dengan menggunakan metode accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua responden penelitian bersedia membayar lebih produk beras organik pada tingkat kenaikan 5 persen sampai dengan 20 persen dari harga saat ini. Tingkat kenaikan 5 persen merupakan nilai WTP tertinggi yang dipilih responden sedangkan tingkat kenaikan lebih dari 20 persen (maksimal 100%) merupakan nilai WTP terendah. Beras organik merah Mentariku memiliki nilai rata-rata WTP tertinggi (15% dari harga awal), sedangkan beras organik putih Organic Rice memiliki nilai rata-rata WTP terendah (5% dari harga awal). Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan karakteristik konsumen memiliki hubungan yang signifikan dengan kesediaan membayar dengan keeratan hubungan 0,500. Sementara itu, secara parsial terdapat tiga karakteristik konsumen yang memiliki hubungan dengan kesediaan membayar, yaitu usia, pengetahuan, dan jumlah anggota keluarga yang masing-masing memiliki keeratan hubungan sebesar 0,381; 0,589; dan 0,384. Kata Kunci : Beras Organik, Karakteristik, Kesediaan Membayar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 26 Apr 2022 06:04
Last Modified: 26 Apr 2022 06:04
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5620

Actions (login required)

View Item View Item