PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PROGRAM PAKET C (Studi Kasus di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Harapan Baru Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya)

INSANI, INE SULISTIA (2020) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PROGRAM PAKET C (Studi Kasus di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Harapan Baru Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PROGRAM PAKET C.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Ine Sulistia Insani. 2020. PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PROGRAM PAKET C (Studi Kasus di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Harapan Baru Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya). Jurusan Pendidikan Masyarakat, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Pelaksanaan proses belajar mengajar harus dilaksanakan dengan efektif dan efisien untuk mencapai hasil belajar yang optimal dalam sebuah pembelajaran. Hasil belajar peserta didik dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu faktor kesiapan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar peserta didik program Paket C di PKBM Harapan Baru Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis kajian dari penelitian ini adalah: 1) Kesiapan belajar dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik Paket C; 2) Terdapat indikator dari kesiapan belajar yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik Paket C. Penelitian ini membuktikan bahwa hasil belajar peserta didik dapat dipengaruhi oleh faktor kondisi fisik dan kondisi psikologis peserta didik yang merupakan indikator dari kesiapan belajar. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang dihasilkan dari kesiapan belajar terhadap hasil belajar peserta didik Paket C. Kata Kunci: Kesiapan Belajar, Hasil Belajar, Paket C.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 26 Apr 2022 06:04
Last Modified: 26 Apr 2022 06:04
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5610

Actions (login required)

View Item View Item