HANDAYANI, FITRI (2019) PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Survey pada Siswa Kelas XI di MAS Cilendek Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Kelengkapan fix.pdf Download (467kB) |
|
Text
BAB I, II, III.pdf Download (765kB) |
|
Text
BAB IV, V.pdf Restricted to Repository staff only Download (741kB) |
Abstract
ABSTRAK Fitri Handayani, 2019. Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar (Survey Pada Siswa Kelas Xi di Mas Cilendek Kota Tasikmalaya). Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Prestasi belajar merupakan tolok ukur maksimal yang telah dicapai siswa setelah melakukan proses belajar selama waktu yang ditentukan. Akan tetapi untuk meningkatkan prestasi belajar yang tinggi tidaklah mudah karena terdapat beberapa faktor yang dapat menentukan baik buruknya prestasi belajar tersebut. Penelitian ini didasari dari hasil obsevasi di MAS Cilendek Kota Tasikmalaya terdapat permasalahan pada kelas XI yaitu, motivasi dan kedisiplinan belajar siswa masih tergolong rendah. Motivasi rendah dapat dilihat dari sebagian besar siswa jarang mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, tidak memperhatika nguru ketika sedang menjelaskan materi pelajaran dan lebih senang untuk mengobrol dengan temannya, sering tidak mencatat materi yang diberikan oleh guru sehingga dirasa masih kurang untuk mendukung pencapaian prestasi secara maksimal. Sedangkan kedisiplinan yang rendah ditunjukkan dengan siswa yang tidak menaati tata tertib sekolah seperti datang terlambat, melanggar aturan sekolah, serta tidak mengerjakan tugas yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi dan disiplin secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas XI MAS Cilendek Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode survey. Popolasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI di MAS Cilendek Kota Tasikmalaya sebanyak 85 siswa dengan teknik sampling yang digunakan yaitu sampel jenuh dimana semua populasi digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa secara parsial Motivasi Belajar (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar (Y) dengan nilai thitung 4.369 lebih besar dari ttabel 1.664, begitu juga dengan Disiplin Belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar (Y) dengan nilai terhitung 9.924 lebih bear dari ttabel 1.664. Sedangkan secara simultan Motivasi Belajar (X1) dan Disiplin Belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar (Y) pada siswa Kelas XI di MAS Cilendek Kota Tasikmalaya dengan nilai fhitung 148.395 > nilai ftabel 3.10. Kata Kunci : Motivasi, Disiplin, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 05:12 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 05:12 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5603 |
Actions (login required)
View Item |