PENGARUH MEDIA KARTU DOMINO MODIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR (Quasi Experimen Pembelajaran Sejarah Pokok Bahasan Kerajaan Islam di Indonesia Kelas X IPS 2 SMA Negeri 10 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2019/ 2020)

HUMAIRA, TSANIA BILQIS (2020) PENGARUH MEDIA KARTU DOMINO MODIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR (Quasi Experimen Pembelajaran Sejarah Pokok Bahasan Kerajaan Islam di Indonesia Kelas X IPS 2 SMA Negeri 10 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2019/ 2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (235kB)
[img] Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (7kB)
[img] Text
03 LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (402kB)
[img] Text
04 ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text
05 ABSTRACT.pdf

Download (292kB)
[img] Text
06 KATA PENGANTAR.pdf

Download (288kB)
[img] Text
07 UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (185kB)
[img] Text
08 DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
09 BAB 1.pdf

Download (397kB)
[img] Text
10 BAB 2.pdf

Download (400kB)
[img] Text
11 BAB 3.pdf

Download (510kB)
[img] Text
12 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] Text
13 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)

Abstract

ABSTRAK TSANIA BILQIS HUMAIRA. 2020. PENGARUH MEDIA KARTU DOMINO MODIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR (Quasi Eksperimen Pembelajaran Sejarah Pokok Bahasan Kerajaan Islam Di Indonesia Kelas X IPS 2 SMA Negeri 10 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020).Jurusan Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penulisan skripsi ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu domino modifikasi terhadap hasil belajar (quasi eksperimen pembelajaran sejarah pokok bahasan kerajaan islam di Indonesia kelas X IPS 2 SMA Negeri 10 Tasikmalaya semester genap tahun ajaran 2019/2020). Penelitian ini dilakukan karena masih banyaknya guru yang membutuhkan media pembelajaran untuk menunjang proses pembelajaran di kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan desain penelitiannya yaitu desain grup kontrol non equivalen. Penelitian ini memliki variabel yaitu pengaruh media kartu domino modifikasi sebagai variabel bebas, hasil belajar sebagai variabel terikat. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 10 Tasikmalaya sebanyak 102 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampling purposive. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas X IPS 2 yang berjumlah 34 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 3 yang berjumlah 34 peserta didik sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa media kartu domino modifikasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. terbukti dengan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan media kartu domino modifikasi sebesar 76, 65. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran sebesar 62,25. Data diperoleh melalui tes pada pretest dan posttest. Uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran dan uji daya beda. Hasil ini ditunjukan oleh uji-t posttest dan nilai gain ternormalisasi, hasil uji-t posttest menunjukan nilai P (Sig.) sebesar 0,000< α = 0,05 dan thitung 5,905 > ttabelsebesar 1,693 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Media Kartu Domino Modifikasi, Hasil Belajar, Pembelajaran Sejarah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 25 Apr 2022 03:33
Last Modified: 25 Apr 2022 03:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5597

Actions (login required)

View Item View Item