STUDENTS’ SPEAKING ANXIETY IN EFL CLASSROOM PRESENTATION

INDRIANI, YULIA (2021) STUDENTS’ SPEAKING ANXIETY IN EFL CLASSROOM PRESENTATION. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
YULIA INDRIANI (162122013)-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK YULIA INDRIANI, 2021. “Students’ Speaking Anxiety in EFL Classroom Presentation.” Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Kecemasan berbicara siswa ketika presentasi di kelas sering sekali terjadi. Sebuah fenomena ditemukan di mata kuliah seminar proposal di salah satu universitas di Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Siswa tampak gugup sebelum dan ketika akan melakukan presentasi. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak dan tingkat kecemasan berbicara siswa ketika presentasi di kelas. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk menemukan siswa yang memiliki tingkat kecemasan yang tinggi sehingga dapat membantunya mengatasi persoalan psikologis dalam kelas mata kuliah tersebut. Selanjutnya, penelitian ini juga bertujuan menginvestigasi dampak yang timbul akibat adanya kecemasan dalam sebuah presentasi. Melalui teknik wawancara semi terstruktur, peneliti mengumpulkan data untuk menjawab pertanyaan kedua tersebut. Data dianalisis dengan menggunakan analisis tematik. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat diambil kesimpulan bahwa mayoritas siswa mengalami tingkat kecemasan yang tinggi. Hal tersebut berpengaruh terhadap kurangnya kepercayaan diri seperti siswa tidak mampu untuk menanggapi pertanyaan guru, kehilangan wajah, dan pikiran menjadi kosong. Kurangnya kepercayaan diri akan menyebabkan siswa tidak kontrol sehingga mereka tidak fokus saat presentasi. Kata kunci: Kecemasan berbicara, EFL classroom presentation

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 25 Apr 2022 03:08
Last Modified: 25 Apr 2022 03:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5593

Actions (login required)

View Item View Item