ONLINE SUMMATIVE ASSESSMENT IN LANGUAGE LEARNING EXPERIENCE: THE STUDENTS’ PERCEPTIONS

UTAMI, WIDHI MEDYANA (2020) ONLINE SUMMATIVE ASSESSMENT IN LANGUAGE LEARNING EXPERIENCE: THE STUDENTS’ PERCEPTIONS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (427kB)
[img] Text
2. APPROVAL SHEET.pdf

Download (510kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (268kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (263kB)
[img] Text
5. ABSTRACT.pdf

Download (339kB)
[img] Text
6. PREFACE.pdf

Download (158kB)
[img] Text
7. ACKNOWLEDGMENT.pdf

Download (159kB)
[img] Text
8. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (162kB)
[img] Text
9. TABLE LISTS.pdf

Download (158kB)
[img] Text
10. FIGURE LISTS.pdf

Download (157kB)
[img] Text
11. ENCLOSURE LISTS.pdf

Download (262kB)
[img] Text
12. CHAPTER I.pdf

Download (386kB)
[img] Text
13. CHAPTER II.pdf

Download (285kB)
[img] Text
14. CHAPTER III.pdf

Download (295kB)
[img] Text
15. CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] Text
16. CHAPTER V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
17. REFERENCES.pdf

Download (287kB)

Abstract

ABSTRAK WIDHI MEDYANA UTAMI. 2020. “Online Summative Assessment in Language Learning Experience: The Students’ Perceptions.” Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Siliwangi.Tasikmalaya. Penggunaan teknologi telah berkembang di dunia pendidikan. Para guru dapat memanfaatkan teknologi dalam menilai pengetahuan siswa misalnya dengan menerapkan penilaian sumatif secara online menggunakan platform Google Forms. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi siswa tentang penggunaan penilaian sumatif secara online dalam pelajaran Bahasa Inggris. Persepsi siswa terhadap penilaian sumatif online dapat menjadi pertimbangan untuk mengoptimalkan pelaksanaan penilaian sumatif secara online di masa mendatang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara kepada tiga orang siswa kelas 7 di salah satu SMP di Tasikmalaya. Hasil temuan menunjukkan bahwa siswa merasakan kemudahan, keefektifan dan kenyamanan dalam penggunaan online summative assessment karena siswa familiar dengan penggunaan penilaian sumatif secara online, cara pengerjaan yang mudah, menghemat waktu, dan nilai yang dapat langsung diketahui setelah ulangan selesai menjadi kelebihan dari penilaian sumatif secara online. Namun, ada juga siswa yang berpendapat bahwa dengan menggunakan Google Forms dapat meningkatkan kecurangan karena Google Forms bukan lock-down browser type yang artinya siswa dapat mengakses website lain termasuk Google Translate saat mengerjakan penilaian sumatif secara online. Kata Kunci: Google Forms, Penilaian Online, Penilaian Sumatif, Persepsi Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 25 Apr 2022 02:54
Last Modified: 25 Apr 2022 02:54
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5589

Actions (login required)

View Item View Item