THE DEPLOYMENT OF @GURUKUMRD INSTRAGRAM TO INDONESIAN UNDERGRADUATE STUDENTS IN LEARNING ENGLISH VOCABULARY: A CASE STUDY

HADININGRUM, AKHIRIA (2021) THE DEPLOYMENT OF @GURUKUMRD INSTRAGRAM TO INDONESIAN UNDERGRADUATE STUDENTS IN LEARNING ENGLISH VOCABULARY: A CASE STUDY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1-COVER.docx.pdf

Download (217kB)
[img] Text
2-APPROVAL SHEET.docx.pdf

Download (202kB)
[img] Text
3-APPROVAL SHEET ALL THE EXAMINER.pdf

Download (233kB)
[img] Text
4- LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (335kB)
[img] Text
5-PERSONAL PAGE.pdf

Download (5kB)
[img] Text
6-ABSTRAK.pdf

Download (280kB)
[img] Text
7-ABSTRACT.docx.pdf

Download (290kB)
[img] Text
8-PREFACE.pdf

Download (181kB)
[img] Text
9-ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (377kB)
[img] Text
10-TABLE OF CONTENT.pdf

Download (188kB)
[img] Text
11-LIST OF TABLES.pdf

Download (180kB)
[img] Text
12-LIST OF ENCLOSURES.pdf

Download (180kB)
[img] Text
13-CHAPTER 1.pdf

Download (316kB)
[img] Text
14-CHAPTER 2.pdf

Download (568kB)
[img] Text
15-CHAPTER 3.pdf

Download (429kB)
[img] Text
16-CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
17-CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
18-REFERENCES.pdf

Download (442kB)

Abstract

Dalam satu dekade terakhir, media sosial telah mempengaruhi remaja di seluruh dunia untuk menyadari manfaat gawai untuk memperoleh informasi, hiburan, dan sebagai media untuk belajar. Instagram merupakan salah satu media sosial favorit di kalangan pelajar pada abad ke-21. Dalam penelitian ini, peneliti bermaksud membahas tentang cara mahasiswa S1 di Indonesia memanfaatkan Instagram @gurukumrd dalam pembelajaran kosakata Bahasa Inggris. Studi ini menguraikan studi kasus tentang cara siswa belajar melalui akun @gurukumrd berdasarkan kegiatan pembelajarannya. Data dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur dan dianalisis secara kualitatif menggunakan analisis tematik oleh Braun & Clarke (2003). Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 dan 8 jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Siliwangi. Hasil penelitian ini adalah (1) Siswa mencari tahu konten @gurukumrd, (2) Siswa belajar secara otonomi, (3) Siswa memilih materi kosakata dan pengucapan, (4) Siswa belajar dalam waktu singkat melalui @gurukumrd, (5) Menghafal kosa kata, (6) Meniru pengucapan kosa kata, dan (7) Siswa menggunakan kosa kata pada percakapan sehari – hari. Temuan ini menunjukkan bahwa siswa yang belajar kosakata melalui akun Instagram @gurukumrd memperhatikan fleksibilitas waktu, efektivitas, pembelajaran mandiri dan berdasarkan minat siswa. Kata kunci: Pembelajaran Kosa Kata, Pembelajaran Mandiri, Instagram, @gurukumrd

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 22 Apr 2022 03:13
Last Modified: 22 Apr 2022 03:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5569

Actions (login required)

View Item View Item