PORTRAYING AN ENGLISH TEACHER PROFESSIONAL IDENTITY: EVIDENCE FROM AN INDONESIAN ENGLISH TEACHER

Nuraeni, Siti Rahma (2020) PORTRAYING AN ENGLISH TEACHER PROFESSIONAL IDENTITY: EVIDENCE FROM AN INDONESIAN ENGLISH TEACHER. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi FIX Siti Rahma Nuraeni (162122008).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK SITI RAHMA NURAENI. 2020. Portraying an English Teacher Professional Identity: Evidence from an Indonesian English Teacher. Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji identitas professional guru Bahasa Inggris yang diwakili oleh pengalaman peserta selama mengajar di sekolah menengah. Penelitian ini melibatkan seorang guru Bahasa Inggris di sebuah sekolah menengah di Tasikmalaya, Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan descriptive case study. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara semi terstruktur dan didukung dengan dokumen sebagai bukti penghargaan dan posisi yang diraih peserta selama menjadi guru. Data dianalisis menggunakan analisis Miles & Hubberman (1994) melalui konsep identitas profesional guru yaitu: penggambaran diri, penghargaan diri, motivasi kerja, persepsi tugas dan perspektif masa depan (Kelchtermans, 1993). Hasil analisis data menunjukkan bahwa identitas profesional guru dapat dilihat dari: 1) bakat guru dalam mengenali karakter dan digambarkan dari status sosialnya, 2) kemampuan guru dalam meningkatkan kinerja dari hasil evaluasi, 3) tekad untuk meningkatkan kinerja mengajar dan terus belajar, 4) kompetensi menerapkan strategi yang tepat sesuai dengan tujuan pendidikan dan pendekatan yang baik kepada peserta didik, 5) fokus pada peningkatan profesionalisme kerja untuk pendidikan yang lebih baik. Sejalan dengan hal tersebut, berbagai prestasi dan jabatan yang diraih peserta menunjukan kinerja profesionalnya, khususnya dalam mengajar. Pengalaman yang dimiliki peserta selama menjadi guru menjadi contoh bagi orang lain dan pengalaman ini mencerminkan identitas profesionalnya. Kata Kunci: Foreign Language Teacher Experiences, Professional English Teacher, Teacher Professional Identity.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 22 Apr 2022 03:13
Last Modified: 22 Apr 2022 03:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5567

Actions (login required)

View Item View Item