Raushanfikri, Zelda (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN OLAHRAGA BOLA BASKET (Studi Experiment pada Siswa Kelas XI SMK MJPS 3 Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
SKRIPSI EKSPERIMENT revisi.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Motivasi dalam proses pembelajaran merupakan salah satu faktor dari peningkatan hasil belajar siswa dan juga motivasi belajar mempengaruhi minat siswa dalam mempelajari suatu bentuk materi pembelajaran yang akan di sampaikan dan salah satu aspek yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa adalah dari model pembelajaran. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran tipe jigsaw terhadap motivasi belajar pada pembelajaran olahraga bola basket di sekolah SMK MJPS 3 Kota tasikmalaya,di kelas XI,subjek penelitian ini adalah kelas XI sebanyak 60 orang siswa dengan teknik pengambilan random sampling. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental design. Teknik pengambilan data menggunakan tes tertulis dan angket. Teknik pengolahan data menggunakan uji F dan uji t dua sampel, hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan motivasi terhadap kelas yang diberikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw , dengan nilai sig. (2,91) dengan rata rata (8863) Pada pembelajran bola basket meningkat, maka hasil dari uji F dan uji t tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari model pembelajaran tipe jigsaw terhadap peningkatan motivasi belajar pada pembelajaran olahraga bola basket di sekolah SMK MJPS 3 Kota Tasikmalaya di kelas XI. Kata kunci: Motivasi, Model Koopratif Tipe Jigsaw, Bola Basket
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 06:58 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 06:58 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5554 |
Actions (login required)
View Item |