PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (Penelitian Survey Terhadap Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2018/2019)

SEPTINI, RISEU (2018) PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (Penelitian Survey Terhadap Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER (1).pdf

Download (53kB)
[img] Text
4. ABASTRAK.pdf

Download (257kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (150kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI.pdf

Download (326kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA 1.pdf

Download (351kB)

Abstract

ABSTRAK Riseu Septini. 2018. Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Penelitian Survey Terhadap Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2018/2019). Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Di bawah bimbingan Drs. Suhendra, M.Pd dan Ati Sadiah, M.Pd. Permasalahan penelitian ini adalah motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh reward dan punishment terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Manonjaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah survey. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 256 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin, dengan jumlah sampel sebanyak 156 orang. Alat penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner dengan skor skala likert. Teknik analisis data yang digunakan ialah uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas dan uji heteroksidesitas yang menggunakan program SPSS 23.00. Untuk uji hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana menunjukan persamaan Ŷ = 68,222 + 0,129X1 dan Ŷ = 50,037 + 0,17X2, dan untuk uji regresi berganda menunjukan persamaan Ŷ= 57,708 + 0,131X1 + 0,175X2, untuk reward diperoleh sign 0,043 < 0,05 dan thitung 2,044 > ttabel, 1,975 dengan kesimpulan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel reward (X1) terhadap motivasi belajar siswa (Y). Sedangkan untuk punishment diperoleh sign 0,041 < 0,05 dan thitung 2,059 > ttabel 1,975 dengan kesimpulan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel punishment (X2) terhadap motivasi belajar siswa (Y). Untuk mengetahui variabel bebas secara bersama-sama (simultan) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat, diperoleh Fhitung 4,377> Ftabel 3,09. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel reward (X1) dan punishmenet (X2) secara simultan terhadap motivasi belajar siswa (Y). Kata Kunci : Reward, Punishment, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 21 Apr 2022 06:58
Last Modified: 21 Apr 2022 06:58
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5553

Actions (login required)

View Item View Item