STUDENT TEACHERS’ BELIEFS ON PEER TEACHING PROJECT IN REFLECTIVE MICRO-TEACHING CLASS: A CASE STUDY AT ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT

FARHANI, SITI RAHMAH (2021) STUDENT TEACHERS’ BELIEFS ON PEER TEACHING PROJECT IN REFLECTIVE MICRO-TEACHING CLASS: A CASE STUDY AT ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER - SITI RAHMAH FARHANI.pdf

Download (951kB)
[img] Text
pdf CHAPTER I - SITI RAHMAH FARHANI.pdf

Download (167kB)
[img] Text
pdf CHAPTER II - SITI RAHMAH FARHANI.pdf

Download (228kB)
[img] Text
pdf CHAPTER III - SITI RAHMAH FARHANI.pdf

Download (308kB)
[img] Text
pdf CHAPTER IV - SITI RAHMAH FARHANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
pdf CHAPTER V - SITI RAHMAH FARHANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
pdf REFERENCES, ENCLOSURES, BIOGRAPHY - SITI RAHMAH FARHANI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK SITI RAHMAH FARHANI. 2020. Student Teachers’ Beliefs on Peer Teaching Project in Reflective Micro-Teaching Class: A Case Study at English Language Education Departmzent. Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Di salah satu universitas di Indonesia dimana penelitian ini dilakukan, mata kuliah Reflective Micro-teaching menjadi mata kuliah yang harus diikuti mahasiswa sebelum mengikuti program Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP). Tujuan dari dilakukannya micro-teaching ini adalah untuk melatih dan memberikan gambaran bagi mahasiswa pendidikan terkait praktik mengajar sebelum melakukan pengajaran di sekolah. Pada mata kuliah ini, mahasiswa diberikan dua project, yaitu peer teaching dan real teaching. Peer teaching project merupakan praktik mengajar teman sebaya yang dilakukan di kampus, sedangkan real teaching project merupakan praktik mengajar di sekolah (SMP/SMA). Penelitian ini difokuskan pada peer teaching project, dimana mahasiswa melakukan praktik mengajar materi sekolah tingkat SMP/SMA kepada teman sebaya yang berperan sebagai siswa sekolah sesuai dengan materi yang diajarkan. Durasi kegiatan pengajaran dan pembelajaran dalam konteks ini dipersingkat menjadi 10-15 menit dan jumlah murid dibatasi menjadi 8-10 orang. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki keyakinan student teachers (mahasiswa) pada peer teaching project pada mata kuliah Reflective Micro-teaching yang mereka lakukan pada semester 6 tahun ajaran 2019/2020. Data yang dikumpulkan melalui wawancara semi-struktur dan refleksi mahasiswa (DICR) ini dianalisa menggunakan analisa tematik. Hasil penelitian ini menunjukkan mahasiswa atau calon guru yakin bahwa peer teaching project ini memberikan pengalaman berharga. Peer teaching project ini berkontribusi dalam pengembangan profesional, memberikan gambaran dan pelatihan tentang proses pengajaran, memberikan hal berharga dengan mendapatkan feedback dari teman dan dosen, dapat merefleksi proses pengajaran yang telah dilakukan melalui DICR yang mereka buat. Kata kunci: Keyakinan guru, calon guru, micro-teaching, pengajaran sebaya

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 21 Apr 2022 04:48
Last Modified: 21 Apr 2022 04:48
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5533

Actions (login required)

View Item View Item