PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA SERTA PEMBERIAN MOTIVASI OLEH GURU TERHADAP MINAT PESERTA DIDIK SMAN 4 TASIKMALAYA UNTUK MELANJUTKAN KULIAH (Penelitian kepada peserta didik kelas XII SMAN 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021)

Hoeriah, Rieda Siti (2021) PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA SERTA PEMBERIAN MOTIVASI OLEH GURU TERHADAP MINAT PESERTA DIDIK SMAN 4 TASIKMALAYA UNTUK MELANJUTKAN KULIAH (Penelitian kepada peserta didik kelas XII SMAN 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (48kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN dan PERNYATAAN.pdf

Download (575kB)
[img] Text
3 ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
4 KATA PENGANTAR.pdf

Download (296kB)
[img] Text
5 DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
6 BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
7 BAB II.pdf

Download (384kB)
[img] Text
8 BAB III.pdf

Download (668kB)
[img] Text
9 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img] Text
10 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
11 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)

Abstract

ABSTRAK Rieda Siti Hoeriah. 2021. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Serta Pemberian Motivasi Oleh Guru Terhadap Minat Siswa SMAN 4 Tasikmalaya untuk Melanjutkan Kuliah (Penelitian kepada siswa kelas XII SMAN 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Di bawah bimbingan Drs. Suhendra, M.Pd., dan Gugum Gumilar, S.Pd., M.Pd. Siswa di SMAN 4 Tasikmalaya beberapa ada yang antusias dan beberapa terdapat siswa yang ragu untuk melanjutkan kuliah, dalam penelitian ini akan diteliti apa yang menjadi pengaruh bagi siswa untuk memiliki minat melanjutkan kuliah. Penelitian ini meneliti dua variable bebas dan satu variabel terikat yaitu Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga, Pemberian Motivasi Oleh Guru serta Minat Siswa untuk Melanjutkan Kuliah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kondisi sosial ekonomi keluarga serta pemberian motivasi oleh guru terhadap minat siswa kelas XII di SMAN 4 Tasikmalaya untuk melanjutkan kuliah atau pendidikan ke perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif dengan desain penelitian ex post facto dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, analisis data menggunakan aplikasi SPSS 25 , jumlah populasi sebanyak 330 siswa kelas XII SMAN 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021, sampel sebanyak 182 siswa menggunakan teknik sample acak sederhana. Hasil penelitian menunjukkan kondisi sosial ekonomi keluarga tidak berpengaruh secara signifikan dan negative terhadap minat melanjutkan kuliah siswa dengan angka 0,073; pemberian motivasi oleh guru berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap minat melanjutkan kuliah siswa dengan angka 0,000; kondisi ekonomi keluarga serta pemberian motivasi oleh guru secara bersama-sama berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat melanjutkan kuliah siswa dengan angka 0,000. Kata Kunci: Sosial Ekonomi, Motivasi, Minat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:07
Last Modified: 21 Apr 2022 03:07
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5512

Actions (login required)

View Item View Item