IMPLEMENTASI PENDIDIKAN DAN LATIHAN PELAJAR PEDULI BENCANA DALAM MENYIAPKAN PELAJAR TANGGAP BENCANA (Studi Pada Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tasikmalaya)

HAPID, CECEP ABDUL (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN DAN LATIHAN PELAJAR PEDULI BENCANA DALAM MENYIAPKAN PELAJAR TANGGAP BENCANA (Studi Pada Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
CECEP ABDUL HAPID, SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK CECEP ABDUL HAPID. 2020. IMPLEMENTASI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PELAJAR PEDULI BENCANA DALAM MENYIAPKAN PELAJAR TANGGAP BENCANA (STUDI PADA DINAS SOSIAL, PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA, PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KABUPATEN TASIKMALAYA). Jurusan Pendidikan Masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya Implementasi pendidikan dan latihan pelajar peduli bencana yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tasikmalaya menitik beratkan pada proses penerapan penyelenggaranaan pendidikan dan latihan ini. Tujuannya untuk mengetahui proses perencanaan, proses persiapan, proses pelaksanaan dan proses evaluasi dari program pendidikan dan latihan pelajar peduli bencana ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara, observasi dan studi dokumen. Menggunakan instrumen penelitian berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisi data yang diperoleh kesimpulan bahwa implementasi pendidikan dan latihan pelajar peduli bencana pada proses perencanan, persiapan, pelasanaan dan evaluasi selalu memperhatikan sebelas indicator pendidikan dan latihan yaitu: standar kompetensi, struktur program, silabus, bahan ajar, tenaga pengajar, peserta, metode, pengelolaan, saran prasarana, pembiayaan dan evaluasi. Kata kunci : Implementasi, pendidikan, latihan, tanggap bencana.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:07
Last Modified: 21 Apr 2022 03:07
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5506

Actions (login required)

View Item View Item