NURHASANAH, SITI AZZKAH (2021) PROFIL GAYA BELAJAR DAVID KOLB PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (Studi Deskriptif Kualitatif di Kelas XI MIPA MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Siti Azzkah Nurhasanah_162154038_Pendidikan Biologi.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK SITI AZZKAH NURHASANAH, 2021. Profil Gaya Belajar David Kolb Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi di Masa Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Deskriptif Kualitatif di Kelas XI MIPA MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sebaran gaya belajar peserta didik kelas XI MIPA pada mata pelajaran Biologi dengan metode pembelajaran jarak jauh di MAN 1 Kota Tasikmalaya berdasarkan teori David Kolb. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Jumlah populasi sebanyak 171 peserta didik dan diperoleh sampel 119 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah Kolb Learning Style Inventory 3.1. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA di MAN 1 Kota Tasikmalaya memiliki empat gaya belajar yaitu diverger, assimilator, converger dan accommodator. Gaya belajar yang banyak dimiliki oleh peserta didik adalah gaya belajar assimilator dengan persentase 31%, diikuti gaya belajar accommodator 28%, gaya belajar diverger 23% dan gaya belajar converger 18%. Sebaran gaya belajar dapat dijadikan pedoman untuk merancang pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran biologi agar lebih efektif. Kata Kunci: Diverger; Assimilator; Converger; Accommodator.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 03:06 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 03:06 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5497 |
Actions (login required)
View Item |