PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

RAMADHANTI, RIA (2021) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1_Cover.pdf

Download (47kB)
[img] Text
4_Abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
2_Lembar Pengesahan.pdf

Download (270kB)
[img] Text
7_Daftar Isi.pdf

Download (231kB)
[img] Text
11_BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
12_BAB II.pdf

Download (438kB)
[img] Text
13_BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
14_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)
[img] Text
15_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
16_Daftar Pustaka.pdf

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK RIA RAMADHANTI 2021. Pengaruh Model Problem Based Learning berbasis Lesson Study terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Sistem Ekskresi Manusia (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbasis lesson study terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep sistem ekskresi manusia (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Metode penelitian yang digunakan adalah metode true experiment dengan menggunakan posttest only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Sampel diambil secara probability sampling dengan cluster random sampling yaitu kelas XI MIPA 3 sebanyak 32 peserta didik dan XI MIPA 4 sebanyak 34 peserta didik SMA Negeri 1 Tasikmalaya. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal pilihan majemuk untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik dan teknik analisis data yang digunakan adalah one sample t test atau uji t. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis menunjukan bahwa ada pengaruh model problem based learning berbasis lesson study terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep sistem ekskresi manusia, dapat dilihat dari perolehan skor rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 22,71 dan pada kelas kontrol sebesar 17,63. Kata Kunci: problem based learning, lesson study, hasil belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 19 Apr 2022 05:20
Last Modified: 19 Apr 2022 05:20
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5471

Actions (login required)

View Item View Item