PEMANFAATAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY (VR) SEBAGAI MEDIA EDUKASI GEMPA

Wandana, Muhamad Ilham (2021) PEMANFAATAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY (VR) SEBAGAI MEDIA EDUKASI GEMPA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (213kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN TUGAS AKHIR.pdf

Download (7kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI.pdf

Download (7kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (292kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (9kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (331kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (484kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (248kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)

Abstract

ABSTRAK Gempa bumi adalah getaran atau getar-getar yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa Bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak Bumi (lempeng Bumi). Frekuensi suatu wilayah, mengacu pada jenis dan ukuran gempa Bumi yang dialami selama periode waktu. Media pembelajaran yang digunakan biasanya berupa teks dan gambar sehingga penyampaian pembelajaran kepada audience agak monoton, hal ini mengakibatkan efek bosan dan jenuh kepada audience yang ingin belajar. Sedangkan untuk manfaat pengimplementasian sistem virtual reality ini dilakukan agar pengguna dapat melihat jenis-jenis gempa dengan suatu hal yang berbeda, yaitu dengan melihat materi berupa Video 360°. Pembuatan Virtual Reality berhasil dilakukan dengan menggunakan metode Luther-Sutopo (2003) melalui tahapan concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Aplikasi ini memiliki tampilan menu yang simpel, dan materi berupa Video 360°. Aplikasi Virtual Reality dapat berjalan dengan baik karena berdasarkan pengujian Blackbox setiap fungsionalitas berjalan sebagaimana mestinya dan hasil hasil pengujian Beta dengan menggunakan kuesioner dengan presentase 77,2%, aplikasi masuk kriteria baik yaitu layak digunakan sebagai media pembelajaran dan penyedia informasi tentang gempa bumi. Kata Kunci: Gempa Bumi, Virtual Reality, Video 360°

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Informatika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 19 Apr 2022 02:25
Last Modified: 19 Apr 2022 02:25
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5456

Actions (login required)

View Item View Item