PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Cibalong Tahun Ajaran 2019/2020)

Permana, Ani Disma Dik (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Cibalong Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (42kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text
3 PERNYATAAN.pdf

Download (143kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR.pdf

Download (162kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISIII.pdf

Download (99kB)
[img] Text
7 DAFTAR TABELLL.pdf

Download (10kB)
[img] Text
8 BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (133kB)
[img] Text
9 BAB 2 LANDASAN TEORETIS.pdf

Download (248kB)
[img] Text
10 BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN.pdf

Download (194kB)
[img] Text
11 BAB 4 PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12 BAB 5 SIMPULAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20kB)

Abstract

ABSTRAK Ani Disma Dik Permana. 2020. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Informasi dan Menyimpulkan Isi Teks Eksposisi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Cibalong Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Kemampuan mengidentifikasi informasi dan meyimpulkan isi teks eksposisi merupakan salah satu kompetensi dasar mata pelajaran bahasa Indonesia yang harus dikuasai oleh siswa kelas VIII. Namun, kenyataan di SMP Negeri 1 Cibalong masih banyak siswa yang belum mampu mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks eksposisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat tidaknya model pembelajaran Group Investigation meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Cibalong tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknis tes dengan sumber data siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cibalong tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil pengolahan data, pada siklus kesatu mengenai hasil belajar mengalami perubahan dan peningkatan. Hasil belajar pada siklus kesatu pertemuan pertama aspek pengetahuan terdapat 20 orang (67%) peserta didik yang sudah mencapai KKM dan yang belum mencapai KKM sebanyak 10 orang (33%). Hasil belajar pada siklus kesatu pertemuan pertama aspek keterampilan terdapat 16 orang (53%) peserta didik yang sudah mencapai KKM dan yang belum mencapai KKM sebanyak 14 orang (47%). sedangkan pada siklus kedua proses belajar siswa mengalami peningkatan sehingga hasil belajar semua siswa (100%) sudah mencapai KKM. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran bahasa Indonesia yang ditetapkan di SMP Negeri 1 Cibalong untuk kelas VIII adalah 75. Data di atas menunjukkan bahwa hipotesis tindakan penelitian ini sudah terbukti dan dapat diterima. Artinya model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan menelaah dan menyajikan teks eksposisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cibalong tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 19 Apr 2022 02:25
Last Modified: 19 Apr 2022 02:25
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5450

Actions (login required)

View Item View Item