PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS CERITA FANTASI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 11 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Hardianto, Dicky Meida (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS CERITA FANTASI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 11 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER UP.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan, Pernytaan, Abstrak.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB 1 EMOD.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB II EMOD.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB iii EMOD.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB IV EMOD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V EMOD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (125kB)

Abstract

ABSTRAK Dicky Meida Hardianto 2019. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Dan Menceritakan Kembali Isi Teks Cerita Fantasi (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 11 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VII adalah kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi. Akan tetapi masih banyak siswa kurang efektif dan kurang paham dalam mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi walaupun sudah di pelajari sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Numbered Head Together untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur dan Menceritakan Kembali Isi Teks Cerita Fantasi (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 11 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Metode penelitian yang penenulis gunakan adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reasearch). Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, dengan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 11 Tasikmalaya, sedangkan objek penelitian adalah Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur dan Menceritakan Kembali Isi Teks Cerita Fantasi. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini yaitu 29 orang peserta didik kelas VII, dan guru. Analisis data hasil penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil belajar peserta didik pada siklus ke dua menunjukan bahwa semua peserta didik atau 29 orang (100%) tidak ada yang tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), baik pada pertemuan pertama tentang mengidentifikasi cerita fantasi dan pertemuan kedua tentang menceritakan kembali cerita fantasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat diketahui bahwa model pembelajaran Numbered Head Together dapat membuktikan bahwa hipotesis peneliti, yaitu: 1) Model Pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 11 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020; 2) Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan menceritakan kembali teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 11 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 18 Apr 2022 06:22
Last Modified: 18 Apr 2022 06:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5446

Actions (login required)

View Item View Item