PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN MENGKONSTRUKSI TEKS CERAMAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT-DIVISION (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI Agribisnis Pertanian SMK N 1 Wanareja Tahun Ajaran 2019/2020)

Alfaruq, Hilman (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN MENGKONSTRUKSI TEKS CERAMAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT-DIVISION (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI Agribisnis Pertanian SMK N 1 Wanareja Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (314kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (385kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (461kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (387kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (465kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (472kB)
[img] Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (383kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (383kB)
[img] Text
9. DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (384kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (384kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (482kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (527kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (493kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (388kB)

Abstract

Menganalisis isi, struktur dan kebahasaan dan mengonstruksi teks ceramah merupakan kompetensi dasar mata pelajaran bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 Revisi yang harus dikuasai peserta didik kelas XI. Namun kenyataannya, di SMK Negeri 1 Wanareja masih banyak peserta didik yang belum mampu menganalisis dan mengonstruksi teks ceramah. Penelitian yang penulis lakukan bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Student Team Achievement Division meningkatkan kemampuan menganalisis dan mengonstruksi teks ceramah pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Wanareja tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil pengolahan data terdapat peningkatan proses dan hasil belajar. Pada pembelajaran siklus kesatu masih ada yang tidak bersungguh-sungguh, tidak aktif, tidak berpartisipasi, dan tidak bertanggung jawab. Pada siklus kedua tidak ada. Hasil belajar pada aspek pengetahuan peserta didik yang mencapai KKM 11 orang (35%) sedangkan yang belum mencapai KKM 21 orang (65%). Pada aspek keterampilan peserta didik yang mencapai KKM 11 orang (35%) sedangkan yang belum mencapai KKM 21 orang (65%). Pada siklus kedua pada aspek pengetahuan dan keterampilan semua peserta didik mencapai KKM 32 orang (100%). Peningkatan KKM dari siklus I ke siklus II penulis menggunakan uji w. Hasil uji w menunjukan hasil belajar pada siklus kedua sebagai tindak lanjut dari siklus kesatu kemampuan hasil belajar peserta didik ada perubahan dan peningkatan hasil belajar. Data di atas menunjukkan bahwa hipotesis tindakan penelitian ini diterima. Artinya model pembelajaran Student Team Achievement Division dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengonstruksi teks ceramah pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Wanareja tahun ajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Apr 2022 05:02
Last Modified: 14 Apr 2022 05:02
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5433

Actions (login required)

View Item View Item