KORELASI ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasi Di Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

MULYANI, IRMA DWI (2020) KORELASI ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasi Di Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI IRMA DWI MULYANI''KORELASI ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK IRMA DWI MULYANI 2020 KORELASI ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI MIPA SMAN 8 TASIKMALAYA. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara gaya belajar dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Biologi dikelas XI MIPA SMA Negeri Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 5 kelas. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang diambil yaitu kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 5 dengan jumlah peserta didik sebanyak 163 orang dengan skor rata- rata Ujian Akhir Semester 1 kelas XI MIPA SMA Negeri Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket gaya belajar sebanyak 34 pertanyaan dan hasil belajar diperoleh dari data skor mentah Penilaian akhir semester. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada korelasi antara gaya belajar dengan hasil belajar hal ini terbukti berdasarkan hasil uji hipotesis (korelasi pearson) bahwa nilai signifikansi ≤ 0,05 yaitu 0,005 dengan koefisien sebesar 0,351 artinya memiliki keeratan hubungan rendah. Kontribusi gaya belajar dengan hasil belajar adalah 12,3 % sedangkan sisanya 87,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi di kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 5 di SMAN 8 Kota Tasikmalaya. Kata kunci : Korelasi, Gaya Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 07 Apr 2022 02:06
Last Modified: 07 Apr 2022 02:06
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5397

Actions (login required)

View Item View Item