RANCANG BANGUN DAN UNJUK KERJA BATERAI ALUMINIUM-UDARA SEBAGAI PENGGERAK KENDARAAN LISTRIK

Ananto, Nico Wahyu (2022) RANCANG BANGUN DAN UNJUK KERJA BATERAI ALUMINIUM-UDARA SEBAGAI PENGGERAK KENDARAAN LISTRIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (132kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (86kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR TABEL.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Nico Wahyu Ananto Program Studi : Teknik Elektro Judul : Rancang Bangun dan Unjuk Kerja Baterai Aluminium-udara ......................... sebagai Penggerak Kendaraan Listrik Penelitian ini merupakan perancangan dan pembuatan baterai aluminium-udara dan kemudian diaplikasikan untuk beban motor DC sebagai penggerak kendaraan listrik skala mikro. Tujuan penelitian adalah untuk mengoptimasi arus dalam penyimpanan kapasitas baterai maksimum dan nilai optimasi ini digunakan untuk pengujian baterai pada beban motor DC sebagai penggerak kendaraan listrik skala mikro. Baterai yang dirancang dan dibuat berbentuk segi empat dengan ukuran panjang 8 cm, lebar 7 cm, dan tebal 0,8 cm. Struktur baterai terdiri dari anoda plat aluminium, elektrolit KOH, membran tisu, dan lapisan aktif TiO2 sebagai katoda udara. Sel baterai diuji menggunakan PALMSENSE, dan BTS (Battery Testing System) yang menghasilkan grafik CV (Cyclic Voltammetry) dan kapasitas charge-discharge. Baterai disusun 12 sel baterai secara seri dan paralel menjadi bertegangan 3 Volt untuk diuji menyalakan motor DC dengan tipe yang berbeda sebagai prototype kendaraan listrik, dan dianalisa karakteristik, dan waktu lamanya baterai habis. Baterai diuji ke beban motor DC menggunakan alat ukur yang dibuat menggunakan ARDUINO UNO dengan beberapa sensor untuk mengukur tegangan, arus, dan rpm secara real time hingga motor DC tidak bisa berputar. Hasil menunjukkan bahwa baterai aluminium-udara diuji discharging dengan arus konstan 5,8, 10 mA yang menghasilkan kapasitas baterai sebesar 137,6 mAh, 231,5 mAh, dan 181,1 mAh dalam pengujian unit. Dalam pengujian sistem baterai aluminium-udara mampu menyalakan motor DC tipe n20 dan Mabuchi 140 dengan jumlah baterai 12 sel yang dihubung secara seri dan paralel. Arus yang dihasilkan oleh motor DC n20 yaitu sebesar 20 mA, sedangkan tipe Mabuchi 140 memiliki arus rata rata sebesar 55 mA. Dari kedua jenis motor DC tersebut, baterai aluminium-udara mampu bertahan hingga siklus penambahan suntik elektrolit ke 5. Motor DC memiliki karakteristik yang berbeda sebagai beban dinamis yang menyebabkan karakteristik discharging dari tegangan, arus dan daya terdapat riak (damping). Motor DC n20 menjadi motor DC yang cocok digunakan sebagai beban untuk baterai aluminium-udara disebabkan arusnya yang kecil dan sesuai dengan kapasitas daya baterai menyebabkan penurunan kemampuan baterai turun secara perlahan dengan kemampuan menyalakan motor DC hingga 11,4 jam yang sudah masuk siklus penambahan suntik elektrolit ke 5 (siklus terakhir). Kata kunci: Baterai Aluminium-udara, Karakteristik, Kendaraan Listrik, Motor DC

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 06 Apr 2022 04:27
Last Modified: 09 Sep 2022 07:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5382

Actions (login required)

View Item View Item