FEBRIYANTI, FEBI (2021) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei pada Peserta Didik Kelas X dan XI IPS SMA Negeri 1 CIGALONTANG Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (94kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (85kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (140kB) |
|
Text
DAFTAR ISI, TABEL,GAMBAR, LAMPIRAN.pdf Download (392kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (232kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (209kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (528kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) |
Abstract
Febi Febriyanti. (2021). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Serta Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Survei pada Peserta Didik Kelas X dan XI IPS SMA Negeri 1 CIGALONTANG Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah bimbingan Rendra Gumilar M.Pd. dan Gugum Gumilar M.Pd. Masalah dalam penelitian ini menunjukan bahwa perolehan nilai pada mata pelajaran ekonomi peserta didik masih belum mencapai maksimal artinya prestasi belajar yang diperoleh peserta didik masih rendah dibuktikan dengan perolehan nilai dibawah KKM yang telah ditetapkan sekolah, hal ini mengindikasikan bahwa faktor yang mempengaruhinya tidak optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Melalui Motivasi Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis survei dengan desain yaitu survei eksplanatory. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X dan XI IPS SMA Negeri 1 Cigalontang. Adapun teknik sampel yang digunakan yaitu probability sampling dengan menggunakan proportionate stratified random sampling yang berjumlah 146 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan analisis jalur atau Path Analysis dengan alat bantu software komputer Statistical Product for Service Solutions (SPSS) 24.0 for windows. Hasil penelitian terhadap pengujian hipotesis pengaruh langsung dapat diketahui bahwa lingkungan sekolah berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik dengan nilai signifikansi 0,000, sedangkan lingkungan sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi 0,044 dan motivasi belajar peserta didik berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi 0,000. Selanjutnya, pengujian hipotesis pengaruh tidak langsung menunjukan terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar peserta didik dengan nilai t hitung > t tabel sebesar 4,449 > 1,976. Dari penelitian terhadap pengujian hipotesis dapat diketahui bahwa lingkungan sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar peserta didik. Kata kunci: Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 04:27 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 04:27 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5374 |
Actions (login required)
View Item |