IMPLEMENTASI LMS MOODLE UNTUK PEMBELAJARAN SECARA ONLINE (STUDI SMK SARIWANGI)

Ruchuddin, Muhammad Roza (2021) IMPLEMENTASI LMS MOODLE UNTUK PEMBELAJARAN SECARA ONLINE (STUDI SMK SARIWANGI). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (70kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN TUGAS AKHIR.pdf

Download (63kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (86kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (141kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR,DAFTAR ISI,DAFTAR TABEL.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan surat edaran Mendikbud nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat Coronavirus Disease (Covid-19) dan surat edaran nomor 15 Tahun 2020 tentang pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah (BDR) dalam masa darurat penyebaran Covid-19 yang di sampaikan oleh staf ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Regulasi, Kegiatan BDR dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum serta difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup, antara lain mengenai pandemi Covid-19. E-learning mempermudah interaksi antara peserta didik dengan bahan / materi pelajaran. Moodle merupakan software yang open source untuk melakukan pembelajaran mandiri dengan tanpa terikat oleh waktu dan tempat. Aplikasi tersebut berupa sistem elearning berbasis web dengan menanfaatkan moodle yang dapat memberikan efektifitas dalam proses belajar mengajar Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini menggunakan metodologi Research and Development (R&D) dalam perancangannya. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah rancangan sistem elearning berbasis web yang memiliki fitur-fitur untuk menggantikan aplikasi pihak ketiga seperti whatsapp google classroom dan aplikasi video conference yang mana dapat digantikan dalam satu system yaitu eleraning berbasis moodle sehingga diharapkan dapat meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar karena tidak harus berpindah pindah aplikasi, karena sudah tersedia pada elearning ini. Sistem elearning ini dapat diakses dimana saja dengan berbagai jenis platform gawai selama terhubung atau memiliki akses internet. Pengujian system dilakukan oleh ahli media dan ahli materi untuk mengetahui tingkat efektivitas dari system elearning yang dirancang dan didapatkan nilai validasi ahli media 70% dan nilai validasi media 68% yang berarti aplikasi mempunyai persentasi yang cukup tinggi dalam tingkat kepuasan para responden. Kata Kunci: Covid-19, BDR, R&D, E-learning, Moodle

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Informatika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 06 Apr 2022 01:14
Last Modified: 06 Apr 2022 01:14
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5365

Actions (login required)

View Item View Item