ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION(STAD) PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI SEJARAH PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DI KELASXI TKJ 2 SMK SILIWANGI AMS BANJARSARI KECAMATAN BANJARSARI KABUPATEN CIAMIS SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017-2018

PURWADEWI, SHANTI (2018) ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION(STAD) PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI SEJARAH PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DI KELASXI TKJ 2 SMK SILIWANGI AMS BANJARSARI KECAMATAN BANJARSARI KABUPATEN CIAMIS SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017-2018. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (35kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Lembar Pengesahaan.pdf

Download (6kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (69kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (144kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (274kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (82kB)

Abstract

ABSTRAK SHANTI PURWADEWI, 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Pembelajaran Sejarah Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia diKelas XI TKJ 2 SMK SILIWANGI AMS BANJARSARI Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Masalah yang penyusun temukan berpusat pada rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dan mendorong penyusun untuk melakukan penelitian pada permasalahan tersebut dengan memanfaatkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penerapan model Student Teams Achievement Division pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Kelas XI TKJ 2 SMK SILIWANGI AMS Banjarsari semester genap tahun ajaran 2017/2018 Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode Naturalistik Inquiri. Metode Naturalistik Inquiri adalah cara pengamatan dan pengumpulan datanya dalam latar atau setting alamiah, artinya tanpa memanipulasi subyek yang diteliti (sebagaimana adanya).Sumber data dalam penelitian adalah siswa-siswa kelas XI TKJ 2 yang berjumlah 34 orang terdiri dari 19 orang perempuan dan 15 orang laki-laki dipilih karena minat terhadap pembelajaran sejarah kurang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Instrument yang digunakan adalah pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah Triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division pada pembelajaran sejarah materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia sangat tepat untuk diterapkan di kelas XI TKJ 2 semester genap tahun ajaran 2017/2018. Sehingga setelah diterapkannya model tersebut muncul indikator minat belajar yang berupa kesenangan, ketertarikan, perhatian dan keterlibatan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Kata Kunci: Student Teams Achievement Division

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 05 Apr 2022 06:59
Last Modified: 05 Apr 2022 06:59
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5360

Actions (login required)

View Item View Item