IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA DI SMA NEGERI 3 KUNINGAN KABUPATEN KUNINGAN

GUNAWAN, RESA TANIA (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA DI SMA NEGERI 3 KUNINGAN KABUPATEN KUNINGAN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI RESA TANIA GUNAWAN (162170078).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK RESA TANIA GUNAWAN. 2020. Implementasi Program Adiwiyata untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan pada Siswa di SMA Negeri 3 Kuningan Kabupaten Kuningan. Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Latar belakang penelitian ini dilaksanakan adalah untuk mengetahui Implementasi Program Adiwiyata yang dilakukan di SMA Negeri 3 Kuningan Kabupaten Kuningan dalam rangka meningkatkan sikap peduli lingkungan pada siswa. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Program Adiwiyata untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, kuesioner, studi kepustakaan, dan studi dokumentasi.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh warga SMAN 3 Kuningan dengan populasi sebanyak 1015 orang. Ada dua teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampling dengan pertimbangan (Purposive Sampling) dengan mengambil 3 orang sampel yang memiliki ciri spesifik terkait penelitian yang dilaksanakan, dan sampling random sederhana (Simple Random Sampling) dengan mengambil 5% dari setiap peserta didik SMAN 3 Kuningan sehingga mendapatkan sampel sebanyak 50 orang. Hasil penellitian menunjukkan bahwa Implementasi Program Adiwiyata yang dilakukan di SMAN 3 Kuningan terdiri dari empat komponen diantaranya kebijakan berwawasan lingkungan yang terlihat dari visi dan misi sekolah, perencanaan alokasi anggaran sekolah, membudayakan etika cinta lingkungan. Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan yang merupakan bentuk keterkaitan antar guru dan peserta didik dalam kepedulian terhadap lingkungan. Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif yang dilakukan dengan mengikuti program aksi lingkungan yang diadakan oleh sekolah maupun pihak luar. Pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan yang meliputi adanya tempat sampah, adanya pemanfaatan lahan dengan baik, saluran drainase, pencahayaan dan ventilasi yang baik, pemanfaatan listrik dan air yang bijak. Sikap peduli lingkungan pada siswa dengan adanya Program Adiwiyata diantaranya menjaga lingkungan kelas dan sekolah yang dilakukan dengan adanya piket kelas, tidak membuang sampah sembarangan, memelihara tumbuh-tumbuhan dengan baik tanpa menginjak atau merusaknya dilakukan dengan menyiram tanaman, mendukung program go green di lingkungan sekolah, menjaga sarana dan prasarana di lingkungan sekolah. Kata kunci : Implementasi, Program Adiwiyata, Sikap Peduli Lingkungan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 05 Apr 2022 06:59
Last Modified: 05 Apr 2022 06:59
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5359

Actions (login required)

View Item View Item