EVALUASI KINERJA SIMPANG TIGA LENGAN BERSIGNAL (STUDI KASUS SIMPANG TIGA SINDANGKASIH KABUPATEN CIAMIS)

PRADANA, BISMA ANUGRAH (2021) EVALUASI KINERJA SIMPANG TIGA LENGAN BERSIGNAL (STUDI KASUS SIMPANG TIGA SINDANGKASIH KABUPATEN CIAMIS). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. cover.pdf

Download (20kB)
[img] Text
02. abstrak.pdf

Download (13kB)
[img] Text
03. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (63kB)
[img] Text
04. kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (22kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (894kB)
[img] Text
bab III.pdf

Download (276kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (118kB)

Abstract

EVALUASI KINERJA SIMPANG TIGA LENGAN BERSIGNAL (STUDI KASUS SIMPANG TIGA SINDANGKASIH KABUPATEN CIAMIS) Bisma Anugrah Pradana1), Hendra2), dan Gary Raya Prima3). 1,2,3Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Siliwangi e-mail : bismaanugrah14@gmail.com ABSTRAK Simpang Tiga Sindangkasih merupakan jalan Nasional dengan volume lalu lintas yang padat dan menjadi salah satu simpang tersibuk di Kabupaten Ciamis karena menghubungkan daerah diantara Kabupaten Ciamis dan Kota Tasikmalaya. Selain itu, simpang ini menghubungkan kendaraan dari arah Jawa Barat yang menuju ke arah Jawa Tengah melalui jalur selatan. Untuk menangani masalah diatas, penulis mengambil metode Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja ruas simpang tiga Sindangkasih Kabupaten Ciamis dengan melakukan menejemen dan rekayasa lalu lintas guna meningkatan arus lalu lintas. Penelitian dalam studi ini terbatas pada analisis sistem lalu lintas dan lebih spesifik pada manajemen dan rekayasa lalu lintas terhadap ruas jalan dan persimpangan. Jenis penelitian yang digunakan ialah observasi dimana pengambilan data primer dilakukan di lapangan. Data primer diantaranya data inventaris simpang dan data volume lalu lintas simpang. Sedangkan data sekunder diantaranya : a) Data jaringan, fungsi jalan, panjang jalan dari Dinas Pekerjaan Umum Dan Bina Marga; b) Data jumlah simpang dan pengendalian, data fasilitas parkir dari Dinas Perhubungan Kab. Ciamis. Kemudian data diolah dengan cara menganalisis dan mengevaluasi kinerja lalu lintas pada kawasan Simpang Sindangkasih Kabupaten Ciamis. Ketika semua data primer dan sekunder telah didapatkan maka akan di analisis menggunakan pedoman MKJI 1997. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Analisis kinerja di simpang tiga sindangkasih kabupaten ciamis pada kondisi eksisting menunjukan hasil kurang baik ditunjukan Berdasarkan Perhitungan tundaan rata-rata seluruh simpang didapatkan DI sebesar 49,73 det/smp yang berarti simpang 3(tiga) Sindangkasih masuk dalam kategori tingkat pelayanan E atau kurang dan DS sebesar 0,86 Masuk dalam kategori tingkat pelayanan E. berdasarkan hasil analisis berpedoman pada MKJI 1997, maka diperlukan suatu perbaikan yang dapat mengatasi permasalahan pada simpang tiga tersebut agar memenuhi persyaratan yang di anjurkan oleh MKJI 1997 Kata Kunci : Derajat Kejenuhan, Kapasitas, MKJI 1997.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 05 Apr 2022 04:30
Last Modified: 05 Apr 2022 04:30
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5343

Actions (login required)

View Item View Item