ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN

HUSNA, ULFA ZAHROUL (2021) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (169kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text
2. PENGESHAN.pdf

Download (32kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (423kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (384kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)

Abstract

ABSTRAK ULFA ZAHROUL HUSNA. 2021. Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Materi Perbandingan. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi matematis siswa serta kesulitan yang dihadapi peserta didik dalam menyelesaikan soal pada materi perbandingan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode eksplorasi dengan pengambilan data menggunakan think a loud methods. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes kemampuan literasi matematis dan wawancara tidak terstruktur. Subjek penelitian ini merupakan peserta didik kelas VII A SMP Negeri 9 Tasikmalaya. Penentuan subjek berdasarkan hasil pengerjaan soal tes peserta didik yang memenuhi 6 indikator kemampuan literasi matematis siswa terlepas dari jawaban benar atau salah, serta mampu memberikan informasi yang jelas sekaitan pengerjaan soal tes. Teknik analisis data yaitu meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 peserta didik yang mampu mengerjakan soal tes dan mampu memenuhi enam indikator kemampuan literasi matematis terlepas dari jawaban benar atau salah. S-10 mampu memenuhi indikator komunikasi mampu menjelaskan informasi yang diketahui pada lembar jawaban soal tes , S-10 mampu memenuhi indikator matematisasi mengubah kalimat matematika ke dalam matematisasi, S-10 mampu memenuhi indikator representasi subjek menerapkan rumus untuk dapat menyelesaikan soal tersebut dan mengalami kesulitan pada indikator merumuskan strategi, penalaran dan pemberian alasan dan menggunakan bahasa simbolik, formal dan teknik serta operasi. S-10 mengalami kesulitan mempelajari konsep dan kesulitan dalam menerapkan prinsip. Sedangkan S-30 mampu memenuhi indikator komunikasi mampu menjelaskan informasi yang diketahui pada lembar jawaban soal tes, S-30 mampu memenuhi indikator matematisasi mengubah kalimat matematika ke dalam matematisasi dan mengalami kesulitan pada indikator representasi, merumuskan strategi, penalaran dan pemberian alasan dan menggunakan bahasa simbolik, formal dan teknik serta operasi. S-30 mengalami kesulitan mempelajari konsep dan kesulitan dalam menerapkan prinsip. Kata kunci: Kemampuan Literasi Matematis, Materi Perbandingan dan Kesulitan Peserta Didik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 05 Apr 2022 04:22
Last Modified: 05 Apr 2022 04:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5335

Actions (login required)

View Item View Item