ANALISIS WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP PADA PASIEN BPJS KESEHATAN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT ISLAM JAKARTA SUKAPURA TAHUN 2019

Hasanah, Mamluatul (2019) ANALISIS WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP PADA PASIEN BPJS KESEHATAN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT ISLAM JAKARTA SUKAPURA TAHUN 2019. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI BURNING-1-5.pdf

Download (393kB)
[img] Text
SKRIPSI BURNING-7-123.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS SILIWANGI TASIKMALAYA 2019 ABSTRAK MAMLUATUL HASANAH Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep pada Pasien BPJS Kesehatan Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura Tahun 2019 Pelayanan resep adalah pelayanan yang dilakukan oleh instalasi farmasi kepada pasien yang harus dikelola dengan baik, karena mutu pelayanan resep pada umumnya dikaitkan dengan kecepatan dalam memberikan pelayanan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan rancangan deskriptif yang menggunakan pengumpulan data berupa pencatatan waktu tunggu pelayanan resep, wawancara dan observasi. Jumlah resep yang diamati pada penelitian ini sebanyak 121 resep pasien rawat jalan. Informan yang menjadi narasumber dalam pengambilan data di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSIJS meliputi kepala instalasi farmasi, apoteker dan asisten apoteker yang diambil secara purposive sampling. Hasil penelitian yang dilakukan pada bulan September - Oktober 2019 didapatkan bahwa, rata-rata waktu tunggu pelayanan resep non racikan adalah 57,44 menit dan resep racikan adalah 61,57 menit. Hal ini belum memenuhi standar Kepmenkes No.129/Menkes/SK/II/2008, yaitu ≤ 30 menit untuk resep non racikan dan ≤ 60 menit untuk resep racikan. Keterlambatan pelayanan resep ini disebabkan beberapa faktor yaitu, pembacaan resep dokter yang kurang jelas, kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM), penulisan etiket manual sehingga proses pengemasan memakan waktu yang cukup lama. Diharapkan manajemen Rumah Sakit melakukan penambahan SDM pada setiap bagian proses pelayanan resep, melakukan pemisahan pengerjaan resep racikan antara rawat jalan dan rawat inap, mengubah penulisan etiket dari manual (tulisan tangan) menjadi by sistem. Diharapkan instalasi farmasi mengajukan permintaan penambahan meja untuk penulisan etiket dan pengemasan, penambahan printer dan komputer yang terhubung ke dalam sistem rumah sakit, memperhatikan ketersediaan alat tulis kantor, membangun budaya 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) serta memberikan pengertian kepada pasien terkait obat yang akan diterima. Kata Kunci : pelayanan resep, instalasi farmasi, waktu tunggu Kepustakaan : (2004 - 2018)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 05 Apr 2022 04:22
Last Modified: 05 Apr 2022 04:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5332

Actions (login required)

View Item View Item