PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI FABEL/LEGENDA (Eksperimen pada Kelas VII SMP Negeri 3 Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

ANDRIANI, RINI (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI FABEL/LEGENDA (Eksperimen pada Kelas VII SMP Negeri 3 Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI RINI ANDRIANI (162121079).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Rini Andriani. 2020. Pengaruh Metode Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Informasi dan Menceritakan Kembali Isi Teks Fabel/lagenda (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali isi teks fabel/legenda merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VII SMP/Sederajat berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi. Namun kenyataanya, masih banyak guru yang merasa belum menemukan metode pembelajaran yang tepat untuk mencapai kompetensi dasar tersebut salah satunya di SMP Negeri 3 Sodonghilir, Kabupaten Tasikmalaya. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis melaksanakan penelitian eksperimen. Penelitian tersebut bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali isi teks fabel/lagenda pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen yaitu untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Creative Problem Solving yang diujicobakan terhadap pembelajaran mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali isi teks fabel/lagenda pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya sedangkan sampel yang diambil adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan uji normalitas diketahui ada data yang berdistribusi tidak normal, sehingga pengolahan data selanjutnya dilanjutkan dengan uji wilcoxon. Hasil uji wilcoxon menggunakan software SPSS 20 diketahui asymp.sig dari nilai pre test pengetahuan adalah 0,709 , pre test keterampilan 0,043, post test pengetahuan 0,000 dan post test keterampilan 0,015. Dari angka-angka tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis dapat diterima. Artinya metode pembelajaran Creative Problem Solving berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan peserta didik di kelas VII SMP Negeri 3 Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya dalam mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali isi teks fabel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 04 Apr 2022 06:24
Last Modified: 04 Apr 2022 06:24
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5323

Actions (login required)

View Item View Item