PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI DAN ISI TEKS HIKAYAT DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS HIKAYAT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CYCLE LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Maolana, Agus Salim (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI DAN ISI TEKS HIKAYAT DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS HIKAYAT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CYCLE LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI AGUS FIX IEU MAH BENERAN-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Agus Salim Maolana. 2020. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Nilai-nilai dan Isi Teks Hikayat dan Menceritakan Kembali Isi Teks Hikayat Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cycle Learning (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Mengidentifikasi dan menceritakan kembali isi teks hikayat merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas X berdasarkan kurikulum 2013. Namun pada kenyataannya, peserta didik kelas X SMK Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020 banyak yang belum memenuhi KKM. Karena itulah penulis melakukan penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran Cycle Learning Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Cycle Learning meningkatkan kemampuan peserta didik kelas X SMK Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020 dalam mengidentifikasi nilai-nilai dan isi teks hikayat serta menceritakan kembali isi teks hikayat.hasil pengolahan data menunjukan adanya peningkatan proses dan hasil belajar dari siklus kesatu ke siklus kedua. Hasil belajar siklus kesatu pada aspek pengetahuan peserta didik yang mencapai KKM 9 orang (26%) sedangkan yang belum mencapai KKM 26 orang (74%). Pada aspek keterampilan siklus kesatu peserta didik yang mencapai KKM 5 orang (14%) sedangkan yang belum mencapai KKM 31 orang (86%). Pada siklus kedua, aspek pengetahuan dan keterampilan semua peserta didik yang berjumlah 36 orang berhasil mencapai KKM (100%). Hasil uji normalitas data nilai mengidentifikasi nilai-nilai dan isi serta menceritakan kembali isi teks hikayat siklus I dan siklus II data berdistribusi tidak normal, sehingga menggunakan uji w yang hasilnya W hitung (0) < W tabel (0,01). Uji w menunjukan hasil belajar pada siklus kedua sebagai tindak lanjut dari siklus kesatu kemampuan hasil belajar peserta didik ada perubahan dan peningkatan hasil belajar. Data di atas menunjukkan bahwa hipotesis tindakan penelitian ini diterima. Artinya, model pembelajaran Cycle Learning dapat meningkatkan kemampuan peserta didik kelas X DPIB 3 SMK Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020 dalam mengidentifikasi nilai-nilai dan isi teks hikayat serta menceritakan kembali isi teks hikayat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 04 Apr 2022 02:04
Last Modified: 04 Apr 2022 02:04
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5299

Actions (login required)

View Item View Item