PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MERINGKAS ISI TEKS EKSPLANASI (Eksperimen pada Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Nursafitri, Dini (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MERINGKAS ISI TEKS EKSPLANASI (Eksperimen pada Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (400kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (583kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (581kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (709kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (712kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (738kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (583kB)

Abstract

ABSTRAK Dini Nursafitri, 2020, Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Informasi dan Meringkas Isi Teks Eksplanasi (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020), Jurusan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pengaruh model pembelajaran Team Assisted Inidividualization (TAI) terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi dan meringkas isi teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu (1) Model pembelajaran Team Assisted Inidividualization (TAI) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. (2) Model pembelajaran Team Assisted Inidividualization (TAI) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan meringkas isi teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII J sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan penerapan model pembelajaran Team Assisted Inidividualization (TAI), sedangkan pada kelas kontrol diterapkan model Ekspository Learning sebagaimana kegiatan pembelajaran yang biasa dilakukan oleh guru Bahasa Indonesia di sekolah tersebut. Diketahui nilai rata-rata kelas eksperimen pada KD 3.9 yaitu pretest 46,86 dan postest 93,03. Nilai rata-rata kelas eksperimen pada KD 4.9 yaitu pretest 50,1 dan posttest 93. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol pada KD 3.9 yaitu pretest 45,2 dan postest 85,66, nilai rata-rata kelas kontrol pada KD 4.9 yaitu pretest 43,5 dan postest 81,16. Data nilai kedua kelompok dihitung secara statistik menggunakan uji wilcoxon. Perbandingan kelas eksperimen dan kelas kontrol pada kemampuan mengidentifikasi informasi dan meringkas isi teks eksplanasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 04 Apr 2022 02:04
Last Modified: 04 Apr 2022 02:04
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5292

Actions (login required)

View Item View Item