MARKETING POLITIK PEMENANGAN HJ. NURJANAH PADA PEMILIHAN LEGISLATIF 2019 DAPIL IV DI KOTA TASIKMALAYA

MUSYAFFA, SALSABILA (2020) MARKETING POLITIK PEMENANGAN HJ. NURJANAH PADA PEMILIHAN LEGISLATIF 2019 DAPIL IV DI KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (35kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (105kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (6kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (242kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (394kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (306kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Marketing Politik Pemenangan Hj.Nurjanah pada Pemilihan Legislatif 2019 di Kota Tasikmalaya”. Hj. Nurjanah merupakan sosok kandidat baru dalam pemilihan legislatif 2019 di usung oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang terdaftar di daerah pemilihan IV Kota Tasikmalaya dengan perolehan suara tertinggi di daerah tersebut dan mampu mengalahkan kandidat incumbent yang terpilih kembali dalam pemilihan legislatif 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana marketing politik yang di lakukan oleh Hj.Nurjanah dengan menggunakan teori marketing politik dan tiga pendekatan marketing politik yaitu push marketing ,pull marketing, dan pass marketing. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Data di peroleh dari wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data di uji dengan menggunakan trianggulasi sumber. Hasil dari penelitiannya ini yaitu Hj.Nurjanah menggunakan ketiga pendekatan strategi marketing politik. Hal ini terlihat dalam kampanye yang di lakukan oleh Hj.Nurjanah yaitu dengan memberikan stimulan kepada para pemilih melalui acara pengajian dan acara keluarga, memilih influencer seperti kiyai, ustadz, dan juga menjalin hubungan dengan pembisnis lainnya sehingga dapat mempengaruhi opini publik untuk meraup dukungan masyarakat dan juga menerapkan image politik dengan karakter yang sederhana dengan agama kental. Dan akhirnya dengan strategi tersebut mengantarkan Hj.Nurjanah menduduki jabatan menjadi Anggota Legislatif 2019 di Kota Tasikmalaya. Kata Kunci : Pemilihan Umum Legislatif, Marketing Politik, Kandidat PPP

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 01 Apr 2022 02:54
Last Modified: 01 Apr 2022 02:54
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5282

Actions (login required)

View Item View Item