PERBEDAAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM DAN WHATSAPP TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL DAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

KUSUMA, TIARA PUTRI (2020) PERBEDAAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM DAN WHATSAPP TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL DAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
DRAFT B5_TIARA PUTRI KUSUMA_162154081.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK TIARA PUTRI KUSUMA. 2020. Perbedaan Media Pembelajaran Google Classroom dan WhatsApp Terhadap Kemampuan Literasi Digital dan Sikap Sosial Peserta Didik pada Materi Ekosistem (Studi Eksperimen Di Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui perbedaan media pembelajaran google classroom dan whatsapp terhadap kemampuan literasi digital dan sikap sosial peserta didik pada materi Ekosistem di kelas X MIPA SMA Negeri 2 Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan mulai Mei 2020 dengan populasi seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 2 Tasikmalaya, sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas X MIPA 1 dan 2 yang diambil dengan cara cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah true experiment. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adala dengan menggunakan teknik test dalam mengukur kemampuan literasi digital dan non-test dalam mengukur sikap sosial peserta didik. Data yang diperoleh dari hasil tes akhir dianalisis menggunakan Two Way Anova. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan media pembelajaran google classroom dan whatsapp terhadap kemampuan literasi digital dan sikap sosial pada materi Ekosistem dengan nilai signifikasi yang diperoleh sebesar 0,000. Kemampuan literasi digital pada media pembelajaran google classroom memiliki rata-rata 96,05 sedangkan pada media pembelajaran whatsapp memiliki rata-rata 83,37 dan sikap sosial pada media pembelajaran google classroom memiliki skor rata-rata 94,86 sedangkan pada media pembelajaran whatsapp memiliki rata-rata 93,05. Keyword : Google Classroom; Kemampuan Literasi Digital; Sikap Sosial; WhatsApp.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 31 Mar 2022 06:39
Last Modified: 31 Mar 2022 06:39
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5261

Actions (login required)

View Item View Item