CREATING LEARNING ENGAGEMENT IN SOCIAL MEDIA: BEYOND CLASSROOM WALL

PASHA, MUHAMMAD RAFLY (2020) CREATING LEARNING ENGAGEMENT IN SOCIAL MEDIA: BEYOND CLASSROOM WALL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (127kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (452kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB)

Abstract

ABSTRAK MUHAMMAD RAFLY PASHA.2020. “Creating Learning Engagement in Social Media: Beyond Classroom Wall”. Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Saat ini, media social menjadi salah satu alat yang paling sering digunakan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana LINE berkontribusi bagi keterlibatan dalam pembelajaran mahasiswa. Penelitian ini menggunakan studi kasus deskriptif sebagai desain penelitian. Peserta dalam penelitian ini adalah empat mahasiswa semester enam. Mereka merupakan anggota dari group chat Research on ELT di LINE. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara semiterstruktur. Penelitian ini mengunakan analisa tematik yang diadaptasi dari Braun dan Clarke (2012) sebagai teknik analisa data. Temuan penelitian yang diperoleh dari proses analisa data menggunakan analisa tematik menunjukkan tiga tema yang muncul. Tema-tema tersebut yakni LINE sebagai sebuah platform untuk mendorong keterlibatan siswa secara perilaku, LINE sebagai sebuah platform untuk menarik keterlibatan siswa secara emosional, dan LINE sebagai sebuah platform untuk meningkatkan keterlibatan siswa secara kognitif. Dapat disimpulkan bahwa penggunaaan aplikasi LINE berkontribusi sebagai sebuah platform pendukung bagi keterlibatan siswa dalam pembelajaran, baik secara perilaku, emosional, maupun kognitif. Kata Kunci: Keterlibatan Siswa, Aplikasi LINE, Pendidikan Tinggi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 31 Mar 2022 04:35
Last Modified: 31 Mar 2022 04:35
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5255

Actions (login required)

View Item View Item