PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI PETA KONSEP miMind TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI (Studi Eksperimen pada Sub-Materi Atmosfer di Kelas X IPS MAN Cimahi Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi)

Muliandari, Erviana Ika (2020) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI PETA KONSEP miMind TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI (Studi Eksperimen pada Sub-Materi Atmosfer di Kelas X IPS MAN Cimahi Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi_Terbaru_Erviana Ika Muliandari_162170040_4 Agt_2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Erviana Ika Muliandari, 2020, “PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI PETA KONSEP miMind TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI (Studi Eksperimen pada Sub-Materi Atmosfer di Kelas X IPS MAN Cimahi Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi”, Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran di MAN Cimahi Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi yang belum bervariasi, disebabkan belum terpenuhinya sarana prasarana yang memadai. Aplikasi peta konsep miMind merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI PETA KONSEP miMind TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI (Studi Eksperimen pada sub-materi Atmosfer di kelas X IPS MAN Cimahi Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi)”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan desain eksperimen murni (True Experimental Design). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, kuesioner, dan studi dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Sumber data dari penelitian ini adalah populasi terdiri dari 93 peserta didik dengan jumlah sampel sebanyak 61 peserta didik yang terbagi dalam kedua kelas yaitu, kelas X IPS 1 sebanyak 31 orang peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 3 sebanyak 30 orang peserta didik sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dalam proses kegiatan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi peta konsep miMind terdapat beberapa tahap yaitu, mengunduh aplikasi, pemaparan materi oleh guru, penentuan ide, penyusunan konsep, mengurutkan konsep dari utama ke sekunder dan terakhir evaluasi. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen dari rata-rata pretest 16,55 menjadi meningkat saat posttest 26,26 dengan nilai rata-rata keduanya 9,87. Indikator Afektif dengan rata-rata 89,51 dan indikator psikomotorik dengan rata-rata 15,74. Analisis uji t menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,032 < 0,05 artinya ha diterima terdapat pengaruh hipotesis terbukti. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi peta konsep miMind berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar. Kata Kunci : Peta Konsep, miMind, Hasil Belajar geografi, kelas X IPS, MAN Cimahi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 31 Mar 2022 04:35
Last Modified: 31 Mar 2022 04:35
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5250

Actions (login required)

View Item View Item