HUBUNGAN PEMBELAJARAN SECARA DARING TERHADAP LITERASI DIGITAL DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas X MIPA SMAN 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

RAHMAWATI, NABILA (2022) HUBUNGAN PEMBELAJARAN SECARA DARING TERHADAP LITERASI DIGITAL DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas X MIPA SMAN 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (44kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (8kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
4. Kata Pengantar & Daftar Isi.pdf

Download (249kB)
[img] Text
5. Bab 1.pdf

Download (33kB)
[img] Text
6. Bab 2.pdf

Download (127kB)
[img] Text
7. Bab 3.pdf

Download (633kB)
[img] Text
8. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
9. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (156kB)

Abstract

ABSTRAK NABILA RAHMAWATI, 2022. HUBUNGAN PEMBELAJARAN SECARA DARING TERHADAP LITERASI DIGITAL DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. (Studi Korelasional Di Kelas X MIPA SMAN 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan pembelajaran secara daring terhadap literasi digital dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA sebanyak 6 kelas yang terdiri dari 181 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dari kelas X MIPA 3 dan X MIPA 6 sebanyak 52 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pembelajaran daring yaitu berupa angket dari CIPP Evaluation Model sebanyak 23 pernyataan, untuk literasi digital berupa angket Gilster sebanyak 18 pernyataan, sedangkan untuk hasil belajar berupa soal pilihan ganda sebanyak 25 soal yang dikerjakan menggunakan Quipper. Teknik analisis yang digunakan adalah uji Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan pembelajaran daring terhadap literasi digital dan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil analisis nilai korelasi yang didapatkan pembelajaran daring terhadap literasi digital sebesar 0,467 (kategori sedang) dengan kontribusi sebesar 21,8%. Sedangkan untuk nilai korelasi pembelajaran daring terhadap hasil belajar yaitu sebesar 0,334 (kategori rendah) dengan nilai kontribusi sebesar 11,2%. Sehingga dapat disimpulkan adanya hubungan positif pembelajaran daring terhadap literasi digital dan hasil belajar peserta didik. Kata kunci : Pembelajaran Daring, Literasi Digital, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 31 Mar 2022 00:43
Last Modified: 31 Mar 2022 00:43
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5240

Actions (login required)

View Item View Item