PENGARUH MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP SISTEM INDERA (Studi Eksperimen di Kelas XI IPA SMAN 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

NURLINA, WINA (2020) PENGARUH MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP SISTEM INDERA (Studi Eksperimen di Kelas XI IPA SMAN 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
WINA NURLINA(162154059) B5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK WINA NURLINA. 2020. PENGARUH MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP SISTEM INDERA (Studi Eksperimen di Kelas XI IPA SMAN 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media peta konsep terhadap hasil belajar peserta didik pada sub konsep sistem indera di kelas XI IPA SMAN 6 Tasikmalaya. Metode penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian yaitu seluruh Kelas XI IPA sebanyak 7 kelas yang berjumlah 248 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yaitu Kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2 yang dipilih berdasarkan pada kesamaan nilai rata-rata akhir semester dan kelas dengan nilai terendah. Instrumen penelitian terdiri atas soal kognitif pilihan ganda sebanyak 30 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil analisis statistik didapatkan skor rata-rata N-gain kelas eksperimen 0,58 dan skor rata�rata N-gain kelas kontrol 0,38. Skor N-gain kedua kelas tersebut termasuk kategori sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf 5% diperoleh thitung 6,5007 dan ttabel 1,9944. Dengan analisis thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media peta konsep terhadap hasil belajar peserta didik pada sub konsep sistem indera. Kata Kunci: Peta Konsep; Hasil Belajar; Sistem Indera.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 29 Mar 2022 06:36
Last Modified: 29 Mar 2022 06:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5223

Actions (login required)

View Item View Item