NI’MAH, INTAN HAFIZHATUN (2020) PROGRAM-PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN DI SEKOLAH EKOLOGI KEBON SAWAH PESANTREN ATH-THAARIQ DI DESA SUKAGALIH KECAMATAN TAROGONG KIDUL KABUPATEN GARUT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
FIXSKRIPSI_INTAN HAFIZHATUN NI'MAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
ABSTRAK INTAN HAFIZHATUN NI’MAH. 2020. Program-Program Pembelajaran Berbasis Lingkungan Di Sekolah Ekologi Kebon Sawah Pesantren Ath-Thaariq Di Desa Sukagalih Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut. Jurusan Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Pengetahuan dan pemahaman terkait lingkungan merupakan modal utama yang harus dimiliki manusia untuk senantiasa hidup berdampingan dengan alam dan lingkungan. Sejalan dengan keberadaan lembaga pendidikan non formal yaitu Sekolah Ekologi Kebon Sawah Pesantren Ath-Thaariq Di Desa Sukagalih Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut, yang menerapkan pembelajaran berbasis lingkungan kepada santri yang mengolah pertanian dan perkebunan dengan pengetahuan ekologi. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan program-program berbasis lingkungan yang dilakukan di Sekolah Ekologi Kebon Sawah Pesantren Ath-Thaariq Di Desa Sukagalih Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut. (2) Bagaimana kelebihan dan kekurangan dari pelaksanaan program-program berbasis lingkungan yang dilakukan di Sekolah Ekologi Kebon Sawah Pesantren Ath-Thaariq Di Desa Sukagalih Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi literatur.Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 tenaga pendidik dan 10 orang santri. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada 5 program pembelajaran berbasis lingkungan yang dilakukan di Sekolah Ekologi Kebon Sawah Pesantren Ath-Thaariq, yaitu (1) Program pembelajaran agroekologi, (2) Program pemberdayaan benih lokal dengan metode open pollinated organic seed, (3) Program rumah herbal, (4) Program perpustakaan herbal, dan (5) Program pusat pendidikan sistem pertanian pekarangan. Dalam pelaksanaan program-program tersebut terdapat beberapa kelebihan yaitu, (1) Kurikulum pembelajaran yang khas yang hanya ditemukan di Sekolah Ekologi Kebon Sawah Pesantren Ath-Thaariq, (2) Keahlian yang dimiliki santri, (3) Lingkungan belajar yang sangat mendukung, dan (4) Menjadi wadah untuk pemberdayaan masyarakat. Sedangkan kekurangan yang dimiliki dari pelaksanaan program tersebut adalah kurangnya minat dari masyarakat umum terhadap pelaksanaan program-program pembelajaran berbasis lingkungan. Kata Kunci : Program Pembelajaran, Lingkungan, Sekolah Sekologi Kebon Sawah Pesantren Ath-Thaariq.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 28 Mar 2022 03:29 |
Last Modified: | 28 Mar 2022 03:29 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5186 |
Actions (login required)
View Item |