PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 1 CIHAURBEUTI KABUPATEN CIAMIS TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SRIMULYATI, TATI (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 1 CIHAURBEUTI KABUPATEN CIAMIS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
BURNING SKRIPSI TATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran STAD pada mata pelajar Sejarah Indonesia materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan dnegan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran STAD pada mata pelajar Sejarah Indonesia materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desai penelitian Quasi Eksperimental Design. Salah satu bentuk dari desain quasi eksperimental yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal dan angket sebanyak 10 pertanyaan. Populasi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Cihaurbeuti dengan jumlah 216 siswa dan sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji-T, dan N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terjadinya perubahan hasil belajar yaitu hasil nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen diperoleh 58,82 dan hasil rata-rata postest siswa 82,79. Proses pengolahan data menggunakan program IBM SPSS 23,0 for Windows. Dari hasil Independent Samples T-Test diperoleh nilai thitung dari postest kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 3,509. Data tersebut terlihat bahawa nilai thitung 3,509 > ttabel 1,997, nilai Sig (2-tailed) 0,001 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Sejarah Indonesia materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : STAD (Student Team Achievement Division), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 21 Aug 2019 02:25
Last Modified: 21 Aug 2019 02:25
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/518

Actions (login required)

View Item View Item