HUBUNGAN ANTARA LITERASI SAINS DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP INVERTEBRATA (Studi Korelasional di Kelas X SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

NURAMALITA, FIANA (2020) HUBUNGAN ANTARA LITERASI SAINS DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP INVERTEBRATA (Studi Korelasional di Kelas X SMA Negeri 3 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SodaPDF-converted-Fiana Nuramalita_162154142_B5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara literasi sains dengan hasil belajar peserta didik pada konsep invertebrata kelas X MIPA di salah satu SMA Negeri di Kota Tasikmalaya. Yang memiliki fasilitas pembelajaran yang memadai. Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan populasi seluruh kelas X MIPA sebanyak 8 kelas dan sampel sebanyak 1 kelas yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes kemampuan literasi sains dan tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan korelasi bivariat pearson. Hasil dari penelitian ini diperoleh signifikansi 0,01 < (0,05) yang mengindikasikan terdapat hubungan antara literasi sains dengan hasil belajar dan 0,457 sebagai nilai korelasi. Kesimpulan dari analisis ini bahwa terdapat hubungan yang positif antara literasi sains dengan hasil belajar dengan tingkat korelasi sedang, hal ini karena terdapat beberapa faktor selain literasi sains yang memberikan pengaruh terhadap hasil belajar. Maka disarankan kepada peneliti lain untuk melakukan penelitian terhadap faktor-faktor yang dapat menentukan kualitas literasi sains dan hasil belajar peserta didik. Kata-kata kunci: Hubungan; Literasi Sains; Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 28 Mar 2022 02:32
Last Modified: 28 Mar 2022 02:32
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5173

Actions (login required)

View Item View Item