PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR, ISI, KEBAHASAAN DAN MENGEMBANGKAN ISI TEKS EKSPOSISI (Eksperimen pada Kelas X SMK MJPS 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

Kusuma, Kajang Rija Wijaya (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR, ISI, KEBAHASAAN DAN MENGEMBANGKAN ISI TEKS EKSPOSISI (Eksperimen pada Kelas X SMK MJPS 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI Kajang Rija Wijaya Kusuma.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kajang Rija Wijaya Kusuma, 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan menganalisis struktur, isi, kebahasaan, dan mengembangkan isi teks eksposisi (Eksperimen pada Siswa Kelas X SMK MJPS 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pengaruh model pembelajaran Group Investigation dalam pembelajaran menganalisis struktur, isi dan kebahasaan serta mengembangkan isi teks eksposisi pada peserta didik kelas X SMK MJPS 2 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu dengan mengujicobakan model pembelajaran Group Investigation. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes dengan populasi peserta didik kelas X TKR SMK MJPS 2 Kota Tasikmalaya. Perbandingan nilai yang diperoleh dari nilai rata-rata pascates kemampuan menganalisis dan mengembangkan teks eksposisi di kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan hasil yang lebih baik. Nilai rata-rata pascates untuk kelas eksperimen menggunakan model Group Investigation di kelas X TKR 1 pada kompetensi dasar menganalisis struktur, isi, dan kebahasaan teks eksposisi mencapai nilai 92,1 dan pada kompetensi dasar mengembangkan isi teks eksposisi mencapai nilai 84,75. Sementara itu, nilai rata-rata pascates untuk kelas kontrol menggunakan metode diskusi di kelas X TKR 2 pada kompetensi dasar menganalisis struktur, isi, dan kebahasaan teks eksposisi mencapai nilai 63,98 dan pada kompetensi dasar mengembangkan isi teks eksposisi mencapai nilai 78,7. Dari data tersebut maka nilai rata-rata kelompok kelas yang menggunakan model Group Investigation lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelompok kelas yang menggunakan metode diskusi Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji wilcoxon karena berdasarkan uji normalitas, kedua data berdistribusi tidak normal. Hasil perhitungan data pascates dalam pembelajaran menganalisis dan mengembangkan isi teks eksposisi menunjukkan bahwa W (hitung) = 0 < W (tabel) = 52 dalam taraf signifikansi 0,05. Artinya, hasil belajar yang menggunakan model Group Investigation lebih baik. Dengan demikian, model Group Investigation berpengaruh secara signifikan terhadap pembelajaran menganalisis dan mengembangkan isi teks eksposisi pada siswa kelas X TKR SMK MJPS 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 28 Mar 2022 01:23
Last Modified: 28 Mar 2022 01:23
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5169

Actions (login required)

View Item View Item