PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 2 SINGAPARNA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019

JULISTIAN ABDUROHMAN, SELA (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 2 SINGAPARNA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Sela.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada mata pelajaran sejarah Indonesia materi peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Singaparna. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada mata pelajaran sejarah Indonesia terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Singaparna semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan tes. Instrument yang digunakan berupa soal pilihan ganda sebanyak 26 butir soal dengan option (A,B,C,D dan E). Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Singaparna dengan jumlah siswa sebanyak 84 orang yang dijadikan sampel adalah kelas XI IPA 1 dijadikan kelas eksperimen sebanyak 42 orang siswa dan kelas XI IPA 2 dijadikan kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 42 orang siswa. Teknik analisis data dalam penelitian adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Perolehan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray 56,89, sedangkan nilai rata-rata setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray meningkat sebesar 85,71. Proses pengolahan data menggunakan program aplikasi IBM SPSS 23,0 For Windows. Data tersebut mendukung bahwa penelitian yang dilakukan peneliti berhasil dengan dibuktikan berdasarkan Uji-t menggunakan Independent Samples T-Test, yakni 8.149 > 1.989. Maka Ho ditolak dan H1 diterima, artinya bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada mata pelajaran sejarah Indonesia materi proklamasi kemerdekaan Indonesia terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Singaparna semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Two Stay Two Stray, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 21 Aug 2019 02:22
Last Modified: 21 Aug 2019 02:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/515

Actions (login required)

View Item View Item