PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG PROSES PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GUIDED INQUIRY DAN TIPE FREE INQUIRY PADA SUB KONSEP SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

GINANJAR, RIZKI (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG PROSES PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GUIDED INQUIRY DAN TIPE FREE INQUIRY PADA SUB KONSEP SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER, PENGESAHAN, PERNYATAAN, ABSTRAK-dikonversi.pdf

Download (76kB)
[img] Text
3. BAB 1, 2, 3, 4, 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK RIZKI GINANJAR. 2019. Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik yang Proses Pembelajarannya menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Guided Inquiry dan Tipe Free Inquiry Pada Sub Konsep Sistem Pernapasan pada Manusia. (Studi Eksperimen di Kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018 / 2019). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Guided Inquiry dan Free Inquiry pada sub konsep sistem pernapasan pada manusia di Kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2019 di MTs Negeri 1 Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode free eksperiment dengan populasi sebanyak 9 kelas di MTs Negeri 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018-2019. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu peserta didik kelas VIII-E berjumlah 36 orang dan peserta didik Kelas VIII-G berjumlah 35 orang mengingat kedua kelas tersebut memiliki tingkat keaktifan yang setara meskipun masih terdapat beberapa peserta didik yang pasif di kelas. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar peserta didik pada konsep sistem pernapasan pada manusia, berbentuk soal pilihan ganda dengan empat option. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata (uji t) dengan taraf signifikan 5% (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Guided Inquiry dengan hasil belajar peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Free Inquiry pada konsep sistem pernapasan pada manusia. Hasil belajar peserta didik yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Free Inquiry dinilai lebih baik dibanding hasil belajar peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Guided Inquiry.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 Mar 2022 06:16
Last Modified: 15 Mar 2022 06:16
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5119

Actions (login required)

View Item View Item