PENGARUH SELF REGULATED LEARNING, LINGKUNGAN KELUARGA DAN IKLIM KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Se-Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

RAHMAYANTI, RISMA (2020) PENGARUH SELF REGULATED LEARNING, LINGKUNGAN KELUARGA DAN IKLIM KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Se-Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (51kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (591kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (339kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (212kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (227kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (72kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (431kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (416kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (814kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (957kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20kB)

Abstract

ABSTRAK RISMA RAHMAYANTI, 2020, Pengaruh Self Regulated Learning, Lingkungan Keluarga Dan Iklim Kelas Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Survei pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Se-Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah bimbingan Dr. Ade Rustiana, Drs., M.Si. dan Edi Fitriana Afriza, S.Pd., M.M. Penelitian dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri Se-kota Tasikmalaya. Dimana penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self Regulated Learning, Lingkungan Keluarga dan Iklim Kelas Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri Se-Kota Tasikmalaya. Penelitian termasuk kedalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode explanatory research dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri Se-Kota Tasikmalaya. Teknik sampling yang digunakan adalah area probability sampling sehingga didapat jumlah responden sebanyak 230 responden yang mewakili kelas disetiap area. Data diperoleh dari penyebaran angket dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS v.23 for Windows. Hasil Penelitian menunjukan bahwa self regulated learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, iklim kelas berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar sedangkan lingkungan keluarga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, dimana pada dasarnya memang anak lebih banyak belajar bersama guru di lingkungan kelas sehingga lingkungan keluarga tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil pengolahan data bahwasanya variabel yang mendominasi adalah iklim kelas. Simpulan dari penelitian adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan self regulated learning, lingkungan keluarga dan iklim kelas secara bersama terhadap prestasi belajar siswa. Uji koefisien determinasi (R Square) diketahui pengaruh sebesar 69,5 % sedangkan 30,5% lagi sisanya dijelaskan oleh faktor lain. Saran bagi sekolah, guru dan orang tua agar anak mendapatkan prestasi belajar yang tinggi perlu sekali memperhatikan, membimbing serta memfasilitasi kebutuhan anak dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: SRL, Keluarga, Iklim, Kelas, Prestasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Mar 2022 04:21
Last Modified: 14 Mar 2022 04:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5114

Actions (login required)

View Item View Item